Home >> Otomotif >> Kebiasaan Buruk Memanaskan Mesin Motor

Kebiasaan Buruk Memanaskan Mesin Motor

Kebanyakan riders masih melakukan ritual penting untuk memanaskan mesin motor sebelum mengajak motor untuk beraktivitas khususnya di pagi hari. Ritual tersebut merupakan kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama dan sudah turun temurun hingga saat ini. Biasanya mereka memanaskan mesin dengan cara membiarkan mesin tetap menyala dalam jangka waktu yang lama. Ditambah lagi, mereka juga suka menggeber – geber gas. Kebiasaan tersebut sebaik dihentikan mulai sekarang karena kebiasaan buruk memanaskan mesin motor tersebut malah menimbulkan efek yang tidak baik.

Generasi motor terbaru telah mengaplikasikan teknologi canggih dan modern. Teknologi yang digunakan berbeda dengan teknologi yang digunakan motor terdahulu. Salah satu yang mendapat sentuhan teknologi terbaru adalah mesin. Guna meningkatkan efisiensi dan performa mesin, teknologi fuel injection telah berhasil menggeser penggunaan sistem karburator.

Generasi motor terbaru yang telah menggunakan teknologi fuel injection tidak lagi menuntut anda untuk melakukan kebiasaan buruk memanaskan motor. Sarwono Edi, technical service training manager PT Astra Honda Motor, mengatakan fitur engine control module (ECM) pada sistem injeksi sudah mengatur kebutuhan bakar untuk mesin. Jadi tidak perlu lagi menarik handel gas ketika memanaskan motor. Cukup panaskan mesin motor selama 30 detik atau maksimal satu menit. Pada putaran mesin stasioner ini, oli mesin sudah bisa bersirkulasi dengan baik. Jadi tidak perlu lagi menggeber – gerber handle gas karena tidak ada gunanya.

Efek buruk memanaskan mesin motor

  1. Pemborosan bahan bakar

Mesin motor generasi terbaru telah menggunakan teknologi fuel injeksi. Teknologi ini memungkinkan pembakaran secara sempurna sehingga performa mesin semakin meningkat. Bukan hanya performa tetapi juga bahan bakar 30 persen lebih hemat.

Teknologi fuel injeksi bahkan memungkinkan motor berjalan dengan lancar saat berkendara meski tanpa memanaskan mesin motor terlebih dahulu. Berbeda dengan sistem karburator yang harus dipanaskan terlebih dahulu agar mesin tidak tersendat atau brebet.

Kebiasaan buruk memanaskan mesin motor dalam waku yang lama akan membuat pemborosan bahan bakar yang tidak perlu. Dari pada bahan bakar terbuang percuma lebih baik bahan bakar tersebut digunakan untuk berkendara di jalan.

  1. Panas berlebih pada knalpot

Membiarkan mesin terus menyala karena ingin memanaskan mesin motor malah akan menimbulan panas berlebih pada knalpot. Panas yang berlebih ini memungkinkan cat knalpot rusak atau memudar.

  1. Polusi

Kebiasan buruk memanaskan motor dalam waktu yang lama juga akan berakibat meningkatnya polusi udara. apalagi jika anda memanaskan mesin di dalam ruangan atau di dalam rumah, emisi gas buang dari knalpot motor anda bisa membuat seisi rumah mengalami keracunan gas berbahaya karbondioksida. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan buruk memanaskan motor yang tidak perlu. Dan jika ingin memanaskan mesin motor perhatikan tempat dan waktu yang tepat.

Leave a Reply