Home >> Gaya Hidup >> Tips Menghadapi Anak yang Mengamuk

Tips Menghadapi Anak yang Mengamuk

Anak kecil biasanya memiliki tingkah yang sangat lucu dan menggemaskan. Apalagi ketika mereka sedang ceria, senyum indahnya bisa menghipnotis orang tua hingga bahkan siapa pun yang ada di dekatnya. Namun berbeda apabila mood sang anak yang sedang tidak baik, amukan sang anak akan membuat orang tua kewalahan.

Menghadapi anak yang mengamuk bukanlah perkara mudah. Mengajak mereka berbicara dengan baik – baik belum tentu bisa dimengerti oleh anak kecil. Jika mereka mengamuk di rumah, orang tua mungkin tidak akan terlalu dibuat pusing. Namun jika anak yang mengamuk di luar rumah misalkan saat di pusat perbelanjaan maka tidak hanya anda yang bakalan repot tetapi orang lain di sekitar anda juga akan dirugikan.

Berikut ini tips menghadapi anak yang mengamuk yang bisa dicoba:

  1. Ajarkan anak batas tertentu dalam menginginkan sesuatu

Salah satu penyebab anak yang mengamuk adalah karena mereka tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misal ketika anda mengajak anak ke pusat perbelanjaan, kemudian mereka meminta mainan dan anda tidak bisa menuruti keinginanya maka anak pun akan langsung merengek. Apalagi jika mereka tidak diajarkan tentang batas – batas tertentu dalam menginginkan sesuatu maka anak pun akan mulai menangis sambil mengamuk.

  1. Sentuhan fisik yang lembut

Ibarat anak yang mengamuk adalah batu. Sifatnya sangat keras, jika orang tua melawanya dengan keras pula maka batu tersebut bisa pecah. Maka dari itu, jangan pernah melakukan kekerasan fisik pada anak. Berikan sentuhan fisik yang lembut kepada anak. Sentuhan fisik selain bisa menjadi senjata penenang yang ampuh juga bisa memberikan ikatan antara anak dengan orangtua.

  1. Jangan dimarahi

Ketika anak yang mengamuk sudah tidak bisa dikendalikan lagi, kebanyakan orang tua akan terpancing untuk memarahi mereka. Meluapkan kemarahan kepada anak bukan cara efektif untuk meredam amukan mereka. Anak justru akan semakin menjadi apabila dimarahi.

  1. Gunakan distraksi

Ketika anak mengamuk, cobalah beberapa hal yang bisa membuat focus mereka berubah. Misal pancing fokus mereka dengan benda – benda favorit mereka seperti mainan atau alat musik.

  1. Pahami apa yang membuat anak tidak nyaman

Popok yang basah karena pipis atau karena poop sebaiknya segera diganti karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab anak mengamuk. Anak yang mulai tidak nyaman dengan kondisi tersebut akan membuat moodnya tidak baik sehingga anak mudah mengamuk.

  1. Buat saat yang intim dengan anak

Memberikan pelukan dan belaian di kepala anak bisa memberikan anak kenyamanan. Atau duduk bersama sambil menceritakan kisah atau dongeng juga bisa memberikan hubungan yang positif antara anak dan orang tua. Kedekatan batin antara anak dan orang tua bisa membuat ikatan yang baik.

Leave a Reply