Home >> Gaya Hidup >> Persiapan Sebelum Puasa

Persiapan Sebelum Puasa

Shalat tarawih yang pertama baru saja selesai dilakukan ini tandanya nanti kita akan melaksanakan sahur pertama di bulan ramadhan ini. Rasanya sudah tidak sabar ingin segera bangun dan menikmati santap sahur. Karena ini merupakan awal puasa, tubuh biasanya perlu untuk adapatasi terlebih dahulu. Jika biasanya kita makan tiga kali sehari maka ketika puasa nanti, kita hanya bisa makan dua kali saja yaitu makan sahur dan berbuka.

Sebagai awal dari persiapan puasa jangan lupa untuk niat terlebih dahulu. Jika niatnya kuat untuk berpuasa maka segala godaan untuk membatalkan puasa bisa diabaikan. Selain niat, ada beberapa persiapan yang harus anda perhatikan sebelum berpuasa supaya puasa anda tetap lancar dan makin sehat. Persiapan sebelum puasa antara lain:

  1. Sahur

Beberapa orang sangat susah untuk dibangunkan sahur. Dengan mata yang masih ngantuk, disuruh makan satu suapan pun akan sangat susah. sahur memang hukumnya tidak wajib, tetapi supaya puasanya kuat sampai maghrib tiba sangat dianjurkan untuk makan sahur.

Menu sahur sebaiknya banyak mengandung serat seperti sayur dan buah tujuanya supaya anda tidak lemas saat puasa seharian penuh. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, kira – kira dua sampai empat gelas saat sahur. Hindari mengkonsumsi teh atau kopi yang bisa menyebabkan anda cepat haus dan lemas.

  1. Stop merokok

Puasa sangat bermanfaat bagi kesahatan tubuh. Puasa juga melatih untuk menahan diri termasuk salah satunya adalah untuk menahan diri dari merokok. Para pecandu rokok biasanya kesulitan untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini. Meski sebenarnya mereka juga sudah tahu bahwa rokok beresiko untuk kesehatan. Jika anda berniat untuk berhenti merokok, maka dengan berpuasa ini bisa menjadi cara yang sehat untuk berhenti merokok.

  1. Stop gorengan

Ketika berpuasa, kita akan kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air. Tetapi tidak dengan lemak. Oleh sebab itu, ketika berpuasa sebaiknya mengurangi porsi makan gorengan. Apalagi mengkonsumsi gorengan ketika berbuka puasa. Lemak dari gorengan akan membuat berat badan menjadi naik dan inilah salah satu alasan kenapa beberapa orang malah semakin gemuk setelah berpuasa. Padahal seharusnya orang yang berpuasa berat badanya turun bukanya malah naik.

  1. Mengatur jam istirahat

Jam tidur malam ketika berpuasa akan menjadi berkurang sebab anda akan menghabiskan beberapa jam untuk makan sahur. Jika anda terbiaa tidur larut maka sebaiknya anda mengatur jam istirahat mulai dari sekarang. Ketika berpuasa, anda juga dianjurkan untuk tidur siang 15 – 30 menit supaya anda memiliki energy hingga datangnya bedug maghrib dipukul.

  1. Konsultasi ke dokter

Persiapan sebelum puasa selanjutnya adalah konsultasi ke dokter mengenai kesehatan anda. Jika anda mengidap penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya. Maka anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu terkait penyakit anda.

Leave a Reply