Home >> Nasional >> Besok Sudah Pasti Puasa

Besok Sudah Pasti Puasa

Kemarin, Selasa (16 / 06 / 2015) Kementrian Agama telah melaksanakan isbat untuk menentukan awal ramadhan. Dari musyawarah bersama dengan para ahli astronomi, pemimpin ormas dan para ulama telah diputuskan bahwa awal ramadhan jatuh pada hari Rabu (18 / 06 / 2015). Tim yang telah disumpah untuk melihat hilal di sejumlah titik di seluruh propinsi di indonesia juga telah melaporkan hasil pengamatan mereka. Hasilnya, hilal belum terlihat. Ini artinya bulan ramadhan belum tiba. Otomatis besok sudah pasti puasa.

Lukman Hakim Saifudin, Menteri Agama, mengatakan berdasarkan laporan dari pakar astronomi hilal terbenam lebih cepat dari matahari. Hal senada juga diutrakan oleh para petugas rukyat yang disebar di 36 titik di seluruh propinsi di indonesia, hingga datangnya waktu maghrib mereka belum melihat hilal. Jadi tidak ada satu titik pun yang melaporkan telah melihat hilal.

Tidak hanya di indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia hilal juga belum terlihat. Dengan demikian, sidang isbat yang digelar di Gedung Kementrian Agama, Jakarta Pusat pada hari Selasa (16 / 06 / 2015) menetapkan awal ramadhan jatuh pada hari kamis (17 / 06 / 2015).

Penetapan awal ramadhan tersebut juga disepakati oleh seluruh peserta sidang isbat. Karena hilal juga belum nampak maka bulan syakban digenapkan menjadi 30 hari. Sedangkan untuk awal puasa atau awal ramadhan ditetapkan pada hari kamis.

Pada sidang isbat kemarin juga dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin, dan perwakilan ormas islam. Namun ada yang berbeda pada sidang isbat tersebut, dimana pada penyelenggaraan sidang isbat kemarin dilaksanakan secara tertutup sehingga media dilarang untuk meliput.

Rangkaian dari sejumlah agenda pada sidang isbat kemarin diawali dengan pemaparan para pakar ilmu astronomi utusan dari planetarium dan observatorium Jakarta, Badan Hisab dan Rukyat Kementrian Agama dan juga pembacaan laporan dari petugas rukyat yang didelegasikan untuk mengamati bulan baru. Sidang isbat kemarin berlangsung kurang lebih selama satu jam.

Hari ini merupakan hari ke-30 bulan syakban. Nanti malam umat islam sudah akan melaksanan ibadah sholat tarawih dan besok sudah pasti puasa.

Leave a Reply