Home >> Nasional >> Sidang Isbat Digelar Sore Nanti

Sidang Isbat Digelar Sore Nanti

Masyarakat indonesia khususnya warga muslim pasti sudah tidak sabar dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Gempa suka cita bahkan sudah dikumandangkan di beberapa penjuru. Jika melihat kalender tahun 2015, penetapan tanggal merah hari raya Idul Fitri 1436 H yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2015 ini berarti jika puasanya genap 30 hari maka nanti umat muslim sudah melaksanakan sahur.

Namun hal ini juga belum pasti apakah puasanya akan jatuh pada besok atau tidak. Sebab pemerintah belum menetapkan kapan awal ramadhan tahun ini. Sesuai agenda Kementrian Agama, sidang isbat digelar sore nanti. Sidang isbat merupakan sidang yang dilakukan untuk menetapkan awal Ramadhan. Jika pada sidang isbat nanti hilal telah terlihat maka secara otomatis selepas sholat isya’ nanti akan dilaksanakan sholat tarawih.

Pada sidang isbat nanti, Selasa (16 / 06 / 2015), Kementrian Agama akan mengundang sejumlah ulama, pimpinan ormas islam dan pakar astronomi untuk duduk bersama melakukan musyawarah penentuan awal Ramadhan.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya telah mengerahkan para ahli di seluruh provinsi di indonesia untuk mengamati hilal atau kemunculan bulan yang menandakan pergantian bulan dari bulan Sya’ban ke bulan Ramadhan.

Mereka, para ahli astronomi, juga telah disebar di sejumlah titik di seluruh provinsi untuk melihat kemunculan hilal pada saat menjelang maghrib. Lebih dari 30 ahli yang disebar di sejumlah titik apabila ada satu saja yang bisa melihat hilal maka pemerintah akan menetapkan 1 ramadhan jatuh pada esok hari. Ini artinya umat muslim akan melakukan sholat tarawih selepas isya’ dan pagi hari akan melaksanakan sahur. Namun jika tidak ada satupun yang melihat hilal maka awal bulan ramadhan akan jatuh pada lusa. Jadi bulan sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari dan umat islam belum waktunya berpuasa.

Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, salah satu ormas islam Muhammadiyah telah melakukan hisab untuk menentukan awal ramadhan sekaligus hari raya Idul Fitri 1436 H. mereka memutuskan awal ramadhan jatuh pada hari kamis 18 Juni 2015 dan untuk hari raya Idul Fitri jatuh pada hari jumat 17 Juli 2015. Sementara LDII dan NU serta ormas islam lainya masih menunggu keputusan sidang isbat.

Leave a Reply