Home >> Bisnis >> Pabrik Ponsel Samsung di Indonesia

Pabrik Ponsel Samsung di Indonesia

Masyarakat indonesia termasuk masyarakat yang doyan dengan teknologi salah satunya adalah ponsel. Laju jual beli ponsel yang tinggi di indonesia menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi produsen ponsel asing untuk berinvestasi di indonesia. Salah satu produsen ponsel ternama yang berinvesatsi di indonesia adalah Samsung.

Selama ini Samsung sebenarnya telah berinvestasi di indonesia dalam bidang elektronik. Kesungguhan PT Samsung Electronics Indonesia untuk mengibarkan sayapnya telah merambah ke dunia ponsel yang juga menjadi primadonanya di negeri ini.

Secara resmi, PT Samsung Electronics Indonesia telah mengoperasikan pabrik perakitan ponsel yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Saleh Husin, Menteri Perindustrian mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi langkah investasi dari Samsung ini.

Kapasitas produksi pabrik perakitan ponsel Samsung Cikarang ini mencapai 1 juta hingga 1,5 juta unit setiap bulanya dengan 14 line produksi yang memproduksi ponsel pintar, feture phone dan juga tablet. Untuk tahap awal ini, Samsung telah mengeluarkan investasi sebesar 23 juta dollar amerika. Pada tahap awal ini, proses perakitan masih dalam bentuk semi knock down, kemudian nantinya akan berlanjut dalam bentuk completely knock down dan surface mount technology.

Pabrik perakitan ponsel Samsung Cikarang berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. Hadirnya pabrik perakitan ponsel Samsung ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja 972 orang. Ini artinya pabrik perakita ponsel Samsung Cikarang ikut andil dalam usaha peningkatan pengembangan sumber daya manusia serta kesejahteraan rakyat.

Hadirnya pabrik perakita ponsel Samsung ini juga bisa membherikan ruang pertumbuhan industry penunjang yang lain seperti industry komponen ponsel. Dengan demikian, investasi dari Samsung juga memberikan kontribusi penting untuk produk industry manufaktur. Diharapkan nantinya industry ponsel dalam negeri ini bisa terus berkembang dan bisa menjadi bagian dari supply chain produuk ponsel dunia.

Agar keberlangsungan persusahaan terjaga, pemerintah mengharapkan pimpinan perusahaan, management dan karyawan bisa bekerjasama dengan baik untuk menciptakan hubungan yang harmonis supaya tercipta suasana kerja yang baik untuk mendorong peningkatan produktivitas.

Leave a Reply