Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Khasiat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Khasiat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Kolang kaling, salah satu bahan pembuat minuman yang paling seger saat berbuka puasa paling diburu saat adzan maghrib tiba. Begitu bedug dipukul, langsung satu mangkok es kolang kaling bisa menjadi pelepas dahaga setelah berpuasa seharian. Selain seger dibuat minuman, kolang kaling ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Mau tahu khasiat kolang kaling bagi kesehatan?

  1. Obat radang sendi

Kolang kaling, buah yang berwarna putih, oval dan lonjong ini rasanya kenyal saat digigit. Bila dicampur dengan sirup atau gula cair kemudian ditambah es batu maka jadilah minuman es kolang kaling yang paling seger. tidak hanya untuk mengganjal perut dan melepas dahaga, kolang kaling ternyata juga berkhasiat untuk mengobati radang sendi. Kandungan zat galaktomanan di dalamnya sangat baik untuk penderita penyakit sendi. Mengkonsumsi 100 gram kolang kaling setiap hari, bisa membantu meredakan penyakit radang sendi sekaligus bisa membantu proses penyembuhanya.

  1. Memperkuat tulang

Khasiat kolang kaling bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk memperkuat tulang. Kolang kaling mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91mg kalsium. Kandungan kalsium dalam kolang kaling bisa membantu memperkuat tulang, mencegah osteoporosis dan bisa membnatu pertumbuhan tulang.

  1. Melancarkan pencernaan

Kolang kaling merupakan salah satu serat yang baik untuk pencernaan. Kolang kaling bisa membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Kandungan serat dalam kolang kaling mencapai 39 persen sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.

  1. Obat gatal

Getah yang ada di dalam kolang kaling berkhasiat untuk mengobati gatal – gatal baik yang disebabkan oleh kuman atupun bakteri. Caranya sangat mudah cukup membalurkan getah kolang kaling ke bagian tubuh yang mengalami gatal – gatal.

  1. Membantu diet

Kolang kaling mengandung gelatin yang bisa membuat anda merasa kenyang setelah memakanya. Kandungan gelatin ini bisa dijadikan alternative untuk mengganjal perut dari lapar ketika menjalankan program diet.

Demikian khasiat kolang kaling bagi kesehatan. Ternyata buah yang satu ini yang biasanya menjadi menu yang paling enak saat berbuka ternyata juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply