Home >> Umum >> Inilah Hal Penting Supaya Puasa Kamu Lancar

Inilah Hal Penting Supaya Puasa Kamu Lancar

Nanti sore, Selasa (16 / 06 / 2015) Kementrian Agama akan melaksanakan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan. Sejumlah tokoh agama, ulama, wakil ormas dan para ahli astronomi akan hadir dalam sidang isbat nanti. Pemerintah juga telah berupaya dengan menyebar lebih dari 30 ahli di seluruh propinsi di indonesia untuk mengamati hilal. Apabila dalam sidang isbat nanti dilaporkan bahwa hilal sudah terlihat maka awal ramadhan akan jatuh pada esok hari. Tetapi jika hilal belum terlihat maka lusa adalah awal ramadhan.

Ketika ramadhan sudah tiba, ini artinya umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa. Pada awal puasa, tubuh mungkin belum terbiasa dengan pola makan akibatnya gangguan awal puasa bisa membuat ibadah puasa kurang lancar.

Oleh sebab itu inilah hal penting supaya puasa kamu lancar yang harus kamu ketahui:

  1. Buat perencanaan makanan

Saat makan sahur, mata biasanya masih ngantuk dan malas untuk makan. Sebaliknya ketika adzan maghrib tiba segala makanan dan minuman yang ada di atas meja langsug di sikat. Cara seperti ini kurang baik bagi kelancaran puasa.

Oleh karenanya buatlah perencanaan makanan apa saja yang akan dihidangkan sebagai menu sahur dan menu berbuka. Bila perlu buatlah daftar makanan yang rapi supaya kamu tidak bingung untuk memilih menu makan sahur atau berbuka.

Baik ketika sahur atau berbuka, masukan daftar menu makanan sehat dan berimbang agar nutrisi di tubuh terpenuhi. Bukan berarti dengan makan makanan yang banyak nutrisi penting itu terpenuhi. Cara tersebut malah membuat lambung merasa shok apabila setelah seharian kosong tiba – tiba langsung dijejali makanan yang banyak.

Makan dengan porsi yang tepat dan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan yang paling penting hindari junk food saat berpuasa.

  1. Banyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur sangat penting hadir di meja makan saat sahur. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi meski perut seharian kosong tanpa makanan. Kandungan nutrisi tersebut juga bisa memberikan energy hingga waktu buka puasa tiba.

  1. Istirahat cukup

Di saat berpuasa istirahat cukup juga sangat penting supaya puasa kamu lancar. Meski bulan penuh rahmat ini juga sangat penting untuk memaksimalkan ibadah tetapi demi kelancaran puasa maka istirahatkanlah tubuh bila lelah sudah terasa. apabila dipaksakan malah bisa membuat kamu sakit dan mengganggu kelancaran puasa.

  1. Tetap berolahraga

Olahraga atau olah fisik lainya adalah hal biasanya paling dijauhi ketika puasa. Alasanya karena mereka takut capek dan haus. Sebaliknya, mereka malah lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan meninggalkan olahraga.

Ketika berpuasa, olahraga ringan seperti jalan santai dan lain sebagainya juga penting untuk menjaga tubuh tetap fit. Menjaga kesehatan lebih penting supaya puasa kamu lancar dari pada sakit malah tidak bisa berpuasa.

  1. Pola minum 242

Dalam sehari tubuh minimal harus tercukupi 8 gelas air putih. Untuk mengakalinya selama berpuasa bisa dengan menggunakan pola minum 242. 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat malam dan 2 gelas air putih saat sahur. Dengan pola ini maka kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi dan puasa kamu tetap lancar.

Leave a Reply