Home >> Internasional >> Binatang Kebun Binatang Lepas karena Banjir

Binatang Kebun Binatang Lepas karena Banjir

Hujan deras yang mengguyur Tblisi, Gerogia pada Sabtu (13 / 06 / 2015) membuat sungai Vere meluap. Akibatnya, banjir merendam kota Tbilisi termasuk kebun binatang. Derasnya banjir membuat pintu kandang hewan – hewan di kebun binatang rusak. Pintu kandang yang rusak kemudian membuat hewan yang ada di dalamnya kabur keluar dari kebun binatang.

Situasi semakin mencekam ketika para hewan buas kebun binatang ikut melarikan diri dari kandangnya. Ada beruang, harimau, jaguar, singa, serigala, kuda nil dan hewan lainya yang jumlahnya cukup banyak.

Binatang kebun binatang yang lepas karena banjir kemudian berkeliaran dengan bebas di tengah kota. Terlihat ada seekor kuda nil besar yang berjalan di jalan raya, ada anak beruang yang memasuki halaman rumah warga, ada pula kawanan serigala yang masuk ke lantai dasar rumah sakit anak.

Beberapa hewan berhasil dievakuasi seperti kuda nil yang ditembak dengan peluru bius untuk dipindahkan, tetapi ada pula hewan yang ditembak ditempat karena sangat agresif saat hendak ditangkap. Banyak warga yang mengecam dengan aksi penembakan binatang kebun binatang tersebut.

Beberapa hewan yang lain juga tidak berhasil diselamatkan karena tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. Sementara banyak pula ikan yang hilang akibat terbawa arus banjir tersebut. Petugas kepolisian diturunkan untuk memburu binatang kebun binatang yang lepas. Sebuah helicopter juga diterbangkan rendah untuk berkeliling mencari binatang yang masih hilang.

Akibat banjir yang menerjang kota Tbilisi, Gorgia diberitakan ada sembilan orang tewas dan sepuluh lainya hilang. Dari sembilan korban tewas tersebut, tiga diantaranya adalah pegawai kebun binatang. Belum diketahui pasti tewasnya pegawai kebun binatang tersebut apakah karena terjangan banjir atau karena serangan binatang kebun binatang yang akan diselamatkanya. Hingga kini polisi masih terus melakukan penyelidikan.

Banjir besar yang disebabkan luapan sungai vere ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Kerugian akibat banjir ini diperkirakan mencapai 10 juta dolar amerika atau sekitar Rp 133,4 miliar. Kondisi yang buruk ini membuat akses listrik dan air bersih menjadi sulit. Puluhan warga juga terpaksa mengungsi akibat terjangan banjir ini.

Leave a Reply