Home >> Bisnis >> Bekicot dan Ubur – Ubur Indonesia Mendunia

Bekicot dan Ubur – Ubur Indonesia Mendunia

Bekicot dan ubur – ubur selama ini hanya dianggap sebagai hewan tidak bertulang belakang dan sangat menjijikan untuk diolah menjadi panganan. Padahal kedua hewan tersebut jika diolah dengan resep yang tepat bisa menjadi panganan yang menggugah selera. Bekicot bisa menjadi sate nikmat yang tak kalaha dengan sate kambing atau sate daging yang lain. Sementara ubur – ubur bisa menjadi salah satu menu sup yang bakal menggoyang lidah. Aneka olahan makanan kedua hewan tersebut bahkan sangat digemari di sejumlah Negara.

Tidak hanya enak untuk dijadikan makanan, bekicot dan ubur – ubur juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Maka tak ayal kedua hewan tersebut kini bisa mendunia dan diburu oleh banyak Negara.

Menurut Nus Nuzulia Ishak, Direktur Pengembangan Eskpor Nasional Kementrian Perdagangan mengungkapkan ubur – ubur banyak diserbu masyarakat dari Negara Asia Timur di antaranya Tiongkok, Jepang dan Korea. Mereka biasanya menjadikan ubur – ubur sebagai bahan makanan.

Begitu pun dengan bekicot, hewan bertubuh lunak ini diekspor sebagai bahan makanan manusia dan juga ternak. Bekicot kaya akan protein hewani tinggi yang baik untuk tubuh. Masyarakat Eropa sangat menggemari olahan bekicot ini. Selain untuk dikonsumsi, bekicot juga dijadikan sebagai obat tradisional.

Nus Nuzulia Ishak menuturkan khasiat ubur – ubur bisa digunakan untuk obat sakit mag, menyembuhkan penyakit arthtritis, sakit punggung, tekanan darah tinggi, baik untuk pencernaan dan juga bisa membuat kulit menjadi lembut. Selain itu, kolagen ubur – ubur berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Permintaan ekspor terhadap bekicot dan ubur – ubur indonesia sepanjang Januari hingga Mei 2015 mengalami peningkatan. Permintaan bekicot meningkat 28,28 persen sementara ubur – ubur meningkat 106,83 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014 lalu.

Nah siapa yang menyangka, bekicot yang dianggap hama di sawah dan ubur – ubur yang dianggap hewan membahayakan di laut ternyata bisa menjadi barang ekspor yang mendunia. Tidak hanya permintaan di Asia bahkan permintaan terhadap bekicot dan ubut – ubut indonesia mendunia hingga Eropa.

Leave a Reply