Home >> Nasional >> Tol Cipali, Tol Terpanjang di Indonesia Sudah Bisa Dilewati

Tol Cipali, Tol Terpanjang di Indonesia Sudah Bisa Dilewati

Presiden Joko Widodo telah meresmikan tol Cipali, tol terpanjang di indonesia pada minggu (14 / 06 / 2015) pada pukul 00.00 WIB. Pemegang konsesi tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya juga turut dalam pembukaan jalan tol terpanjang seindonesia tersebut.

Tol Cipali atau tol Cikopo – Palimanan memiliki panjang 116,7 km sengaja dibuat untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalur pantura. Apalagi momen mudik lebaran biasanya adalah yang mengalami kemacetan teraparah. Banyaknya para pemudik yang ingin pulang kampung dengan kendaraan pribadi menambah beban kemacetan di jalur pantura. Dengan dibuatnya tol Cipali ini, diharapkan bisa mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur pantura.

Tol Cipali berada 72 kilometer dari Jakarta. Ada dua ruas jalan tol yang tersambung yakni tol Jakarta – Cikampek dan Palimanan – Kanci. Jalan tol terpanjang di indonesia ini memang dikebut pekerjaanya agar bisa segera bisa dilalui bahkan sebelum lebaran tiba.

Pada saat peresmian, bisa dikatan tol Cipali ini masih 99 persen jadi. Terlihat di sejumlah titik masih ada pekerja yang memasang rambu – rambu jalan dan beberapa pekerjaan lainya yang belum selesai. Meskipun demikian tol terpanjang di indonesia ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

Tol Cipali dibuka untuk kendaraan golongan I seperti jip, sedan, pick up, truck kecil dan juga bus. Pada tujuh hari pertama peluncuran tol Cipali ini, pengelola menggratiskan kendaraan untuk melintas.

Sedikit bocoran dari Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
“pemerintah audah menentukan tariff tol Cipali yakni Rp 823 per kilometernya. Jadi jika kendaraan golongan I melintas dari gerbang tol Cikopo menuju gerbang tol Palimanan maka harus membayar Rp 96.000.

Menurut penuturan Basuki, presiden sebenarnya meminta kepada pengelola tol Cipali untuk memberikan potongan tariff tol saat momen mudik lebaran nanti. Basuki juga berharap kepada pengelola agar memberikan potongan tariff sebesar 25 – 35 persen kepada pengguna jalan tol pada H-10 sampai dengan H+5 lebaran nanti.

Dengan hadirnya tol Cipali ini, dapat dipastikan jarak tempuh dari Jakarta ke jawa akan menjadi lebih cepat. Begitu pun dengan waktu tempuh juga akan semakin cepat. Jika semuanya berjalan lancar dan kemacetan terurai maka penggunaan bahan bakar fosil bumi juga akan semakin hemat tanpa harus terbuang percuma di tengah kemacetan yang sering terjadi di jalur pantura.

Leave a Reply