Home >> Nasional >> Scania, Armada Baru Bus Transjakarta

Scania, Armada Baru Bus Transjakarta

20 unit armada baru bus Transjakarta Scania dikabarkan segera didirilis ke publik. Kabarnya 20 unit bus transjakarta Scania tersebut akan dipamerkan pada HUT DKI Jakarta ke 448 pada 22 Juni 2015 mendatang di lapangan Monas. Armada baru bus transjakarta bermerek Scania ini berbeda dengan armada bus transjakarta yang sebelumnya. Bahkan bus trnasjakarta Scania ini diklaim bakalan senyaman menaiki mobil sedan.

“bus transjakarta merek Scania ini mengunakan suspensi udara yang membuat bus transjakarta akan berjalan dengan mulus dan nyaman seperti menaiki mobil sedan,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius NS Kosasih.

Armada baru bus transjakarta Scania dibekali dengan teknologi electronic air suspension. Teknologi ini merupakan teknologi suspensi udara yang memungkinkan peredaman goncangan lebih baik dari pada per atau pegas pada umumnya. Jadi dengan suspensi udara ini, jalanan ibu kota yang bergelombang dan berlubang bisa diterjang dengan nyaman dan bebas goncangan. Menaiki bustransjakarta merek scania ini bisa senyaman seperti menaiki mobil sedan.

Selain suspensi, 20 unit armada bus transjakarta scania ini juga menggunakan kursi duduk penumpang yang ergonomis. Kursi – kursi tersebut bahkan memiliki sertifikasi BASF. Ini berarti kursi – kursi tersebut diakui kualitasnya. Selain nyaman diduduki, kursi tersebut kuat, ringan dan tahan api.

Puluhan armada baru bus transjakarta yang merupakan bus gandeng ini memiliki enam roda. Keenam roda tersebut menggunakan ban berkualitas dari merek Michelin. Ban ini dirancang khusus untuk digunakan di dalam kota sekaligus bisa membuat bahan bakar menjadi lebih hemat.

Bus transjakarta bermerek Scania ini menggunakan bahan bakar gas (BBG) sama seperti armada bus transjakarta yang sebelumnya. Namun armada bus terbaru ini memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. 1 liter BBG bisa membuat bus transjakarta merek scania berjalan sejauh 1,5 Kilometer. Sedangkan bus transjakarta merek Zhongtong, Yutong dan Ankai hanya bisa berjalan sejauh 0,8 kilometer dengan 1 liter BBG.

Satu lagi teknologi yang canggih yang dibawa oleh bus transjakarta merek Scania adalah teknologi auto safety door. Teknologi ini memungkinkan bus tidak akan bisa berjalan apabila ada pintu yang masih terbuka. Dengan teknologi ini, tingkat keamanan bus menjadi semakin baik sekaligus bisa meminamilisir resiko penumpang atau barang penumpang terjatuh ketika bus berjalan dengan pintu terbuka.

Leave a Reply