Home >> Nasional >> Tanaman di Pekarangan Warga Lereng Merapi ini Mirip Bunga Bangkai

Tanaman di Pekarangan Warga Lereng Merapi ini Mirip Bunga Bangkai

Yuniarti (56), warga Lereng Merapi tidak menyangka pekarangan rumahnya akan seramai ini. Ya, semenjak ada tanaman yang tumbuh di pekaranganya yang mirip bunga bangkai membuat heboh warga sekitar. Mereka yang mendengar berita itu pun langsung beramai – ramai mendatangi pekarangan rumah Yuniarti.

Penemuan tanaman yang mirip bunga bangkai ini awalnya ketika dia dan sang suami, Warjono, tengah membersihkan tumbuhan liar yang tumbuh lebat di pekarangan rumah. Saat itu sang suami melihat sebuah tunas bunga dengan ukuran besar. Karena heran dengan tunas tersebut, dia kemudian membiarkan tunas bunga itu untuk tumbuh.

Menerut pengakuan mereka, awalnya tunas bunga yang ditemukanya itu masih kuncup dan bentuknya seperti bunga kantil. Setelah lama – kelamaan tumbuh, tunas itu kemudian mekar menyerupai bunga bangkai. Bunga dengan warna merah marun dengan diameter sekitar 30 centimeter ini sangat mirip dengna bunga bangkai. Namun bunga ini tidak memiliki aroma busuk seperti bunga bangkai raflesia arnoldi.

Semenjak berita tanaman yang tumbuh di pekarangan warga lereng Merapi yang mirip bunga bangkai ini meluas, banyak warga yang kemudian datang ke rumah Yuniarti untuk melihat langsung seperti apa wujud bunga langka itu. Warga yang datang juga tidak melewatkan momen untuk mengambil gambar bersama bunga mirip bunga bangkai itu dengan kamera ponsel mereka.

Menurut penuturan beberapa warga, bunga serupa juga pernah tumbuh di pekarangan warga yang lain beberapa tahun silam. Warga setempat menyebut tumbuhan tersebut dengan nama bunga Suweg. Biasanya bunga Suweg tumbuh pada musin pancaroba dan ukuranya juga tidak terlalu besar. Namun berbeda dengan bunga suweg yang tumbuh di pekarangan Yuniarti. Bunga Suweg yang satu ini tumbuh dengan ukuran yang lebih besar.

Karena penasaran dengan bunga yang mirip bunga bangkai ini, Siti Zubaidah (62) warga dusun Gadingan, desa Banyubiru, Kecamatan Dukun ingin melihat seperti apa rupa bunga yang menghebohkan banyak warga. Setelah dia mendengar berita tersebut, Siti kemudian memutuskan untuk melihatnya sendiri.

Penemuan bunga yang mirip dengan bunga bangkai ini sangat mengejutkan. Selain termasuk bunga langka, bunga bangkai biasanya hanya tumbuh di Bengkulu, Sumatera. Kini warga juga tidak perlu pergi jauh – jauh ke sumatera untuk melihat bunga bangkai karena di lereng Merapi juga ada bunga yang mirip dengan bunga bangkai.

Leave a Reply