Home >> Nasional >> Grebeg Tahu di Bukit Tidar

Grebeg Tahu di Bukit Tidar

Sebagai wujud syukur atas anugrah yang telah diberikan sang maha kuasa, beberapa masyarakat indonesia biasanya melakuakn ritual sedekah bumi. Mereka biasanya membuat sesajen atau gunungan yang terbuat dari aneka hasil bumi yang mereka petik. Beberapa ada yang memasangkan sayur – sayuran dan buah – buahan. Namun ada yang berbeda dari gunungan yang dibuat oleh warga kampung Trunan, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. Mereka membuat gunungan yang terbuat dari tahu.

Sudah sejak lama memang warga kampung Trunan memiliki mata pencaharian sebagai perajin tahu. Oleh sebab itulah kampung Trunan juga dikenal sebagai kampung tahu. Atas berkat inilah, warga kampung Trunan memiliki inisiatif untuk menggelar sadranan tahu. Jadi ritual sadranan tahu atau grebeg tahu ini adalah yang pertama kali digelar di kampung Trunan.

Kemeriahan acara ini sudah ditandai sejak pagi. Banyak warga kampung baik pria maupun wanita, tua atau muda hingga anak – anak berkumpul di Masjid kampung Trunan. Mereka juga membawa makanan tradisional dan hasil bumi. Warga yang bermata pencaharian sebagai perajin tahu ini juga membuat gunungan setinggi 1,5 meter. Ratusan tahu bulat berjajar rapi membentuk gunungan.

Prosesi acara grebeg tahu di bukit Tidar dimulai dengan doa yang dipimpin oleh ulama setempat. Selepas doa, para warga kemudian berjalan kaki sambil membawa makanan, hasil bumi dan juga gunungan tahu ke puncak bukit Tidar. Jarak yang harus mereka tempuh menuju bukit Tidar sekitar 1,5 meter.

Prosesi yang baru pertama kali digelar ini juga menyedot perhatian banyak warga terutama mereka yang sedang berziarah ke makam Syaikh Subakir yang ada di lereng bukit Tidar.

Pembuatan gunungan tahu ini merupakan inisiatif warga sendiri. Mereka menginginkan sebuah tradisi kampung yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Para warga juga dengan sukarela memberikan tahu untuk membuat gunungan tahu dalam prosesi grebeg tahu di bukit Tidar. Dipilihnya sadranan tahu ini juga disesuaikan dengan ikon kampung sekaligus sebagai tanda syukur mereka kepada yang maha kuasa.

Grebeg tahu di bukit Tidar juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerukunan bersama. Selain itu acara ini juga diharapkan bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Magelang khususnya ke kampung tahu bukit Tidar.

Leave a Reply