Home >> Nasional >> Aksi Ribuan Pendekar Pencak Silat di Bundaran HI

Aksi Ribuan Pendekar Pencak Silat di Bundaran HI

Ada pemandangan yang berbeda pada Car Free Day Jakarta Minggu tadi (14 / 06 / 2015). Terlihat ribuan pendekar pencak silat berkumpul di bundaran HI. Hadirnya ribuan pendekar pencak silat ini bukan untuk berdemo atau saling adu jotos, mereka berkumpul sebagai ajang silaturahim antar perguruan pencak silat.

Tercatat ada 115 padepokan atau perguruan pencak silat tradisional Betawai yang hadir di Bundaran HI. Sekitar 1800an pendekar dari beberapa padepokan tersebut berjalan dari jalanTeluk Betung kemudian berkumpul di Kawasan Jalan Imam Bonjol. Masing – masing padepokan membawa papan dengan nama padepokanya. Ribuan pendekar baik yang masih anak – anak, remaja hingga orang tua ikut meramaikan acara ini.

Pada saat berkumpul, ada momen dimana masing – masing padepokan silat ini menungjukan gerakan silatnya masing – masing. Namun ada satu momen pula dimana para pendekar dri masing – masing padepokan silat tradisional betawi ini beraksi secara bersama.

Menurut Untung P. Napis selaku ketua Panitia sekaligus Ketua Redaksi Betawi (Rumah Edukasi Aktivis Seni Betawi) mengatakan acara ini merupakan bentuk perayaan HUT Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni nanti. Acara ini juga merupakan ajang silaturahmi antar padepokan atau sanggar seni pencak silat tradisional betawi.

Aksi ribuan penderkar pencak silat ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pencak silat sekaligus juga Pangsi atau busana yang biasanya dikenakan oleh para pendekar. Menurut Napis, pencak silat dan Pangsi merupakan bagian dari tradisi dan budaya betawi.

Pada ajang silaturahim para pendekar ini terlihat pula sejumlah sesepuh pencak silat yang hadir. Salah satunya adalah Eddie Nalapraya, matan ketua ikatan pencak silat indonesia (IPSI). Di hadapan para pendekar, Eddi mengatakan pencak silat merupakan bagian dari budaya bangsa yang harus dijunjung setinggi – tingginya. Mengenal bela diri Negara lain itu boleh, tetapi kenalilah dulu bela diri dari negeri tercinta ini.

Aksi ribuan pendekar pencak silat di bundaran HI ini juga menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat yang saat itu juga mengikuti Car Free Day Jakarta. Selain berolahraga, masyarakat akhirnya kini juga bisa mengenal pencak silat sekaligus busana Pangsi.

Leave a Reply