Home >> Peristiwa >> Pemkot Bekasi Tertibkan Ratusan Bangunan Liar

Pemkot Bekasi Tertibkan Ratusan Bangunan Liar

Pada Juni 2015 ini, Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengagendakan untuk melakukan penertiban bangunan. Ada 320 bangunan yang akan dibongkar karena dianggap banguan tersebut menempati lahan milik pemerintah.

Nurdin Manurung, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Bangunan Dinas Tata Kota Pemkot Bekasi mengatakan agenda pembongkaran terhadap 320 bangunan liar akan dilaksanakan pada bulan Juni 2015 ini. Bangunan liar tersebut tersebar di beberapa kawasan seperti di Kelurahan Bekasijaya dan Kelurahan Kayuringin. Menurutnya, banguan liar yang tersebar di sejumlah kawasan tersebut ada yang berupa rumah, tempat usaha, pos organisasi masyarakat dan juga tempat hiburan.

Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi sendiri sebelumnya juga sudah mengeluarkan tiga kali surat peringatan agar warga yang tinggal di bangunan liar tersebut segera mengosongkan bangunanya. Tetapi belum ada respon dari warga untuk mematuhi surat peringatan tersebut. Karena tiga kali surat peringatan sudah dikeluarkan maka agenda selanjutnya adalah Pemkot Bekasi akan melakukan eksekusi untuk membongkar paksa bangunan liar tersebut.

Penertiban ratusan bangunan liar ini merupakan upaya untuk menegakkan aturan daerah dan mewujudkan tertib domisili. Apalagi lahan tempat bangunan mereka itu merupakan lahan milik pemerintah. Jadi wajar saja bila pemkot bekasi melakukan penertiban terhadap ratusan bangunan liar yang dibangun di atas lahan yang bukan miliknya.

Saat pelaksanaan pembongkaran nanti, Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat dan Satpol PP. upaya penertiban serupa juga pernah di lakukan oleh Dinas Tata Kota Pemerintah Kota Bekasi. Ratusan bangunan liar yang ada di sekitar perumahan Harapn Indah, Kelurahan Pejuang, Medan Satria Kota Bekasi menjadi sasaran yang ditertibkan.

Upaya pemkot Bekasi tertibkan ratusan bangunan liar ini menunjukan upaya yang serius dari Pemkot yang sekarang untuk menertibkan banguan yang tak berizin. Selain banguan tersebut menempati lahan yang bukan miliknya juga adanya bangunan tersebut tidak sesuai dengan penataan kota yang baik. Oleh karena itu penertiban terhadap bangunan liar harus tetap ditegakkan.

Leave a Reply