Home >> Wisata >> Hotel & Resorts >> Sekilas Tentang Etihad Tower

Sekilas Tentang Etihad Tower

Moviegoers pasti sudah tidak asing dengan film fast and furious, tapi apakah kalian sudah menonton sequel terbarunya yakni fast and furious 7? Di sequel film terbaru ini berbagai aksi menegangkan juga tidak luput dari sorot kamera. Salah satu aksi yang begitu mencekam adalah saat dimana Dominic Toretto dibelakang setir mobil mewah melompati dari dalam tower menuju tower yang lainya.

Yang ingin kita ulas kali ini bukan tentang filmnya tetapi tentang gedung pencakar langit yang berhasil ditembus oleh Dominic Toretto dengan mobil mewah curianya. Gedung pencakar langit tersebut adalah Etihad Tower. Gedung ini berada di Abu Dhabi.

Etihad Tower merupakan perpaduan antara fungsi apartement, Hotel dan perkantoran. Etihad Tower memiliki lima menara. Tiga tertinggi yang menjulang tinggi ke langit dengan tinggi 260,3 meter, 277,6 meter dan 305, 3 meter. Sementara satu menara yang paling rendah 217,5 meter.

Meski baru selesai dibangun pada tahun 2011 lalu, Etihad Tower berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kategori bangunan tinggi komersial terbaik (The Best International Commercial High Rise Development) di dunia pada ajang penghargaan International Property Awards. Etihad Tower berhasil mengumpulkan 72 suara juri dan mampu mengungguli property dari 98 negara lainya.

International Property Awards merupakan ajang penghargaan paling bergengsi. Penghargaan ini diberikan kepada pihak pengembang dan juga proyek property di seluruh dunia. Adapun juri adalah merekapara professional dalam bidang desain, arsitektur, manajemen gedung, pemasaran, inovasi dan pengembang konsep.

Menurut ketua property Etihad Towers, Richard Fouls, Etihad Tower memang pantas mendapatkan penghargaan internasional yang bergengsi ini. Hal ini juga mempertegas bahwa Etihad Tower telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Uni Emirate Arab dan juga dunia.

Untuk membangun Etihad Tower dengan lima menara tinggi yang menjulang ke langit tidak mungkin bisa terwujud apabila tidak ada dana besar yang mengalir. Kabarnya, untuk merampungkan Etihad Tower ini dibutuhkan 680 juta dollar atau sekitar Rp 8,1 trilliun. Angka yang fantastis untuk gedung pencakar langit yang eksotis.

Leave a Reply