Home >> Nasional >> Dua Menteri Didatangkan pada Seleksi Calon Kepala Daerah Partai PKB

Dua Menteri Didatangkan pada Seleksi Calon Kepala Daerah Partai PKB

Pagi tadi, Sabtu (13 / 06 / 2015) terlihat banyak kendaraan yang lalu lalang di kantor DPW PKB Jatim yang berada di Kawasan Ketintang, Surabaya. Kendaraan tersebut ternyata kendaraan dari calon kepala daerah bersama dengan calon wakilnya melalui Partai PKB dari 19 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Ada puluhan calon kepala daerah bersama dengan calon wakil kepala daerah yang mengikuti seleksi calon kepala daerah partai PKB. Agenda seleksi hari ini adalah fit and proper tes atau tes kelayakan dan kepatuhan. Selain para calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, terlihat dua mantan menteri dari PKB hadir dalam seleksi tersebut.

Dua mantan menteri yang hadir bukan untuk mengikuti seleksi layaknya para calon yang lain tetapi mereka dihadirkan untuk membantu menguji para calon yang ikut seleksi. Dua mantan menteri PKB yang hadir tersebut adalah Lukman Edy dan Helmy Faishal Zaini. Keduanya dulu pernah menjabat menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada masa kepemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Selain itu, terlihat pula anggota DPR RI, Lukman Hakim dan Ida Fauziah yang turut hadir pada agenda seleksi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah partai PKB.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar mengharapkan pengalaman dari para penguji saat menjabat bisa membantu melihat bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang potensial.

Bocoran mengenai materi yang akan diujikan antara lain cara pandang dalam membangun pemerintahan daerah, potensi daerah dan komitmen pada pengembangan rakyat.

Jawa Timur pada pilkada kali ini merupakan daerah yang paling banyak menggelar pilkada. Ada 19 kota dan kabupaten yang menyelenggarakan pilkada. 19 kota dan kabupaten antara lain Ngawi, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Lamongan, Ponorogo, Jember, Kediri, Gresik, Situbondo, Kota Surabaya, Trenggalek, Mojokerto, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Malang, Sidoarjo, Pacitan dan Tuban.

Leave a Reply