Home >> Bisnis >> Amran Sulaiman: 100 Ton Bawang Merah Perhari Hingga Lebaran
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meyakinkan kepada masyarakat bahwa stok bawang merah sampai hari raya Idul Fitri tetap aman. Kementrian Pertanian dan Bulog telah bersinergi menyediakan 100 ton bawang merah perhari sampai Lebaran.

Amran Sulaiman: 100 Ton Bawang Merah Perhari Hingga Lebaran

Di tengah kekhawatiran masyarakat dengan harga bahan pokok menjelang bulan suci ramadhan yang mulai naik, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meyakinkan kepada masyarakat bahwa stok bawang merah sampai hari raya Idul Fitri tetap aman. Kementrian Pertanian dan Bulog telah bersinergi menyediakan 100 ton bawang merah perhari sampai Lebaran.

Pada saat operasi pasar mudah di Pasar Induk Kramat jati kemarin, Jumat (12 / 06 / 2015) ia mengaku ikut memanen sendiri bawang merah di Brebes, Jawa Tengah. Jumlah bawang merah yang dipanenya sebanyak 100 ton yang kemudian dibawanya ke Jakarta.

Menurut perkiraanya, jumlah produksi bawang merah untuk bulan juni ini sebesar 140 ribu ton. Sementara untuk bulan depan, dia memperkirakan produksi bawang merah sekitar 120 ribu ton. Sedangkan kebutuhan bawang merah pertahun sebesar 90 ribut ton. Ini artinya, stok bawang merah akan cukup bahkan sampai lebaran selesai.

Beitu pula untuk komoditi bahan pokok lain seperti beras. Meski penyerapan beras Bulog belum mencapai target namun dengan penyerapan yang sudah sampai dua juta ton, Amran Sulaiman yakin bahwa stok beras ini cukup untuk enam atau tujuah bulan ke depan.

Demi kelancaran pendistribusian bahan pokok tersebut, Amran Sulaiman telah melakukan koordinasi dengan Ignasius Johan, Menteri Perhubungan. Baik untuk jalur darat maupun laut, pengangkutan bahan pangan harus lebih diutamakan. Supaya tidak terjadi kelangkaan di suatu daerah tertentu.

“pengangkutan pangan harus diprioritaskan, tidak boleh terganggu kelancaranya baik di jalur darat maupun jalur laut,” ujarnya.

Selama ini, memang sudah seperti menjadi kebiasaan bahan pangan selalu mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan suci ramadhan. Beberapa bahan pokok seperti beras, gula, minyak sayur, bawang merah dan lain sebagainya biasanya mengalami kenaikan harga. Oleh sebab itu Amran Sulaiman terus berupaya untuk menstabilkan harga salah satunya adalah dengan mencukupi stok bahan pangan tersebut.

Untuk menghadapi momen puasa di bulan ramadhan, Amran Sulaiman memiliki strategi khusus untuk bawang merah dan cabai. Pihaknya akan mengadakan pasar murah bersama dengan Bulog.

Leave a Reply