Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tuntaskan Jerawat dengan Air Kencing

Tuntaskan Jerawat dengan Air Kencing

Sudah sejak zaman dahulu wanita selalu melakukan perawatan untuk membuat kulit mereka tetap cantik. Tentu bahan – bahan perawatan yang digunakan wanita zaman dulu dengan sekarang berbeda. Mereka menggunakan bahan – bahan herbal atau alami. Sedangkan wanita modern sudah lebih praktis karena sudah banyak produk perawatan kulit yang lebih praktis.

Salah satu perawatan kulit yang sering dilakukan oleh wanita adalah menjaga agar wajah bebas dari masalah kulit seperti jerawat. Masalah kulit yang satu ini sangat menjengkelkan. Bentuknya yang menonjol keluar bisa membuat penampilan menjadi kurang bagus. Apalagi jika jerawat yang menonjol tersebut tersentuh maka akan membuatnya terasa sakit. Kasus yang terparah jerawat bisa menimbulkan peradangan dan bisa membuat kulit wajah terlihat buruk.

Berbagai jenis produk perawatan wajah diciptakan khusus untuk perawatan kulit terhadap jerawat. Namun bahan – bahan kimiawi yang terkandung di dalamnya terkadang kurang ramah bagi kulit. Akibatnya bukanya sembuh, jerawat makin menjadi di wajah. Areanya pun bisa semakin meluas tidak hanya di wajah saja tetapi juga bisa menjalar hingga ke leher.

Akhir – akhir ini ada tren perawatan wajah baru di inggris yang cukup kontroversional. Bagaimana tidak, perawatan wajah yang mereka lakukan adalah menggunakan air kencing. Sebagia dari mereka yang melakukan perawatan ini percaya air kencing atau urine bisa menuntaskan jerawat yang ada di wajah.

Neal Schultz MD, dermatology asal New York, Amerika Serikat mengungkapkan, “urine mengandung 95 persen air dan komponen lain yaitu urea. Urea memiliki manfaat bisa mengangkat sel kulit mati. Inilah yang kemudian mengapa banyak orang yang percaya air kencing bisa menghilangkan jerawat.”

Dia kemudian menambahkan, urea memiliki sifat humektan yang artinya urea bisa mengikat dan menahan air. Oleh sebab itu, urea bisa membuat wajah menjadi lembab dan menghindari kulit dari dehidrasi.

Namun kandungan urea dalam air kencing atau urine sebenarnya proporsinya sangat sedikit dan apabila digunakan pada wajah dampaknya juga tidak terlalu banyak. Kandungan urea dalam air kencing hanya sebesar 5 persen. Jauh lebih rendah dari pada produk perawatan kulit yang mengandung urea sebanyak 10 hingga 15 persen.

Menggunakan air kencing untuk perawatan wajah menurutnya terlalu berlebihan. Selain menjijikan perawatan wajah menggunakan air kencing ini juga kurang efektif. “Jangan hanya karena alasan alami kemudian menggunakan air kencing untuk perawatan wajah” tegas Dr. Schultz.

Leave a Reply