Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Olahraga yang Aman untuk Penerita Asma

Olahraga yang Aman untuk Penerita Asma

Beberapa penderita asma takut untuk berolahraga. Mereka khawatir apabila melakukan olahrga bisa memicu asma mereka kambuh. Apalagi olahraga berhubungan erat dengan kemampuan pernapasan.

Argument tesebut sebenarnya kurang tepat karena olahraga sebenarnya baik untuk penderita asam. Berdasarkan penelitian dari Universias Sao Paolo, Brazil, olahraga yang bersifat aerobic justru malah bermanfaat bagi penderita asma.

Penelitian tersebut melibatkan 58 penderita asam yang terdiri dari orang yang berusa 20 tahun hingga yang berusia 59 tahun. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan latihan yoga saja sementara kelompok yang kedua melakukan latihan yoga dan aerobic.

Latihan aerobic yang dilakukan seperti treadmill yang rutin dilakuakn dua kali dalam seminggu selama 12 minggu. Setiap sesi latihan berlangsung selama 35 menit. Setiap sesi dibagi atas 5 menti pemanasan, 25 menit latihan aerobic dan 5 menit melakukan pendinginan.

Latihan tersebut ditujukan untuk mengetahui bagaimana reaksi dari paru – paru ketika dihadapkan pada stimulus kimia yang dapat menyempitkan saluran udara. Kimia yang dimaksud tersebut adalah histamine. Zat kimia ini dipercaya bisa memicu alergi. Zat dalam darah juga dilakukan pengukuruan.

Setelah tiga bulan melakukan latihan, akhirnya didapatkan hasil akhir studi. Dari sekian banyak penderita asma yang mengikuti latihan. Hanya ada 18 orang dari masing – masing kelompok yang berhasil dianalisis. Hasil penelitian menunjukan, penderita asma yang rutin melakukan latihan aerobic bisa mengurangi hyperresponsiveness bronchial atau bagaimana reaksi paru – paru ketika berhadapan dengan stimulus kimia dari pada mereka yang hanya melakukan latihan yoga saja.

Data juga menunjukan, latihan aerobic bisa mengurangi protein dalam darah yang memiliki keterkaitan dengan peradangan pada saluran pernapasan. Ini berarti latihan aerobic baik untuk penderita asma. Jadi bagi penderita asma jangan khawatir untuk melakukan olahraga ini. Latihan aerobic bisa bermanfaat untuk menurunkan gejala asma. Penderita asma ringan atau berat jangan takut lagi untuk berolahraga. Dengan melakukan latihan aerobic rutin, gejala asma akan turun dan nafas pun akan terasa lebih lancar.

Leave a Reply