Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Waspada Virus yang Ada di Kotoran Kucing

Waspada Virus yang Ada di Kotoran Kucing

Siapa yang tidak gemas melihat aksi lucu kucing ketika bermain dengan bola atau ketika mereka berlarian kesana kemari. Bulu lembut dan halusnya juga menjadi daya tarik untuk memelihara kucing. Kucing yang sudah jinak juga bisa menjadi sahabat ketika berada di rumah. Kucing mungkin bisa lebih tengan dari pada anjing. Oleh sebab itu banyak orang yane memelihara kucing.

Memelihara binatang yang satu ini memang sah – sah saja. Tetapi ada yang harus anda ketahui. Terdapat virus yang berbahaya pada kotoran kucing. Virus ini bisa menular ke manusia dan menyebabkan masalah yang serius bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penelitan terbaru mengungkapkan terdapat virus Tokoplasma gondii atau T.gondii yang bisa ditemukan pada kotoran kucing. Virus T.gondii bisa menyerang sistem kekebalan tubuh. Dan sangat berbahaya lagi bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran, gangguan perkembangan janin, kebutaan bahkan kematian.

Penelitian lain menyebutkan, virus T. gondii juga bisa menyebabkan skizofrenia dan gangguan bipolar. Resiko penularan ini semakin besar apabila memiliki kucing sejak masih anak – anak. Tiga studi lain juga menyebutkan hal sama yakni memiliki kucing pada saat masih kecil bisa menyebabkan skizofrenia atau penyakit mental serius lainya.

Studi lain menyebutkan, parasit T.gondii berhubungan erat dengan penyakti skizofrenia. Orang yang terinfeksi T.gondii memiliki resiko dua kali lipat terkena skizofrenia.

Untuk mencegah agar kucing tidak menularkan parasit T.gondii, usahakan jangan member makan makanan mentah pada kucing bahkan makanan daging yang sudah matang sekalipun jangan. Perhatikan kebersihan kucing. Jangan biarkan mereka bermain di tempat yang kotor atau di tempat sampah.

Parasit T.gondii sebenarnya sudah tidak menular apabila kotoran kucing sudah keluar lebih dari satu hari. Tetapi ketika anda ingin membersihkan kotoran kucing sebaiknya tetap menggunakan sarung tangan. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah menghabiskan waktu bermain bersama kucing.

Memang tidak semua kucing peliharaan terinfeksi oleh parasit T.gondii. namun untuk melakukan antisipasi, sebaiknya hindari kontak dengan kucing khususnya bagi wanita hamil.

Leave a Reply