Home >> Wisata >> Plesir ke Tiongkok, Persiapkan Diri Saat Masuk Toilet

Plesir ke Tiongkok, Persiapkan Diri Saat Masuk Toilet

Plesir ke Tiongkok, ada satu bekal penting yang harus anda persiapkan yaitu masker. Alat penutup hidung ini wajib hukumnya ketika anda memasuki toilet umum di tiongkok. Bukan rahasia umum lagi jika toilet umum di tiongkok terkenal akan kekotoranya. Kesan pertama masuk pemandangan jorok langsung menyambut anda. Dan yang lebih parah lagi adalah baunya yang tidak nahan.

Kondisi yang demkian bukan karena ketidak tersediaan fasilitas kebersihan tetapi budaya kebersihan masyarakatnya yang kurang. Pemerintah setempat berusaha keras untuk mengatasi masalah tersebut.

Usaha pemerintah Tiongkok dalam memperbaiki perilaku raktyatnya patut diapresiasi. Pasalnya dalam kurun waktu tiga atau empat tahun terakhir kondisinya telah berangsur memabaik. Usaha keras untuk mengedukasi akhirnya bisa mengubah budaya lokal untuk menjaga kebersihan khususnya kebersihan toilet umum di Tiongkok.

Untuk menemukan toilet umum di Tiongkok tidaklah susah. tidak hanya di tempat wisata, hampir di setiap ruang publik dan sudut jalan tersedia toilet umum. Di pusat perbelanjaan, stasiun, terminal bahkan di dalam kerata pun ada toilet umum.

Seperti toilet pada umumnya, toilet umum di Tiongkok juga menyediakan tisu di dalamnya. Sistem kebersihan toilet ini juga cukup canggih. Toilet di sana menggunakan sistem flush atau pembuangan air secara ototmatis. Jadi tidak perlu mengguyur, air akan otomatis keluar dan membersihkanya.

Untuk toilet umum di area wisata, di sana ada petugas kebersihan yang selalu rajin membersihkan bagian dalam toilet. Meski sudah ada petugasnya, namun jangan kaget ketika memasuki ruangan toilet karena toilet umum di area wisata ada juga yang tidak sebersih yang dibayangkan.

Tetapi bagi anda yang ingin plesir ke Tiongkok, jangan hanya karena persoalan toilet menjadi penghalang bagi anda untuk menikmati keindahan peninggalan bersejarah dan kebudayaan Tiongkok. Berikut ini tips plesir ke Tiongkok:

  1. Persiapkan diri khususnya mental ketika masuk ke dalam toilet umum di Tiongkok. Jangan melihat ke kanan atau ke kiri, langsung saja lurus masuk ke dalam kamar kecilnya.
  2. Gunakan masker atau penutup hidung saat ingin masuk ke dalam toilet
  3. Atur pola makan dan minum, agar di tengah perjalanan tidak buru – buru mencari toilet. Kalau bisa buang air di hotel atau penginapan saja karena lebih terjamin kebersihanya. Tetapi kalau sudah tidak tahan, persiapkan diri saat masuk toilet umum di Tiongkok.

Leave a Reply