Home >> Pendidikan >> Planet Baru yang Ditemukan Pelajar Berusia 15 Tahun

Planet Baru yang Ditemukan Pelajar Berusia 15 Tahun

Pelajar apalagi mereka yang masih berusia belasan tahun biasanya paling senang kalau menemukan akun teman baru. Apalagi mereka bisa berkenalan dengan lawan jenis yang memiliki kepribadian yang menarik dan memiliki tampilan fisik yang mampu membuat hati tergelitik. Tetapi tidak dengan Tom Wagg. Saat usianya masih 15 tahun dia berhasil menemukan planet baru. Dan planet baru yang ditemukannya tersebut menyimpan hal – hal baru yang sangat menarik untuk dipelajari.

Pelajar berusia 15 tahun pada dua tahun yang lalu ini saat itu sedang magang di universitas Keele, Staffordshire, Inggris. Wagg memeriksa sejumlah data yang telah dikumpulkan teleskop di Afrika Selatan. Kemudian dia melihat ada sebuah titik kecil di depan cahaya sebuah bintang. Jarak titik tersebut diperkirakan 1.000 tahun cahaya dari bumi.

Teleskop di Afrika Selatan merupakan sebuah proyek yang bernama Wide Angel Search for Planets (WSAP). Teleskop serupa juga dioperasikan di La Palma, Kepulauan Canary yang digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap sisi utara langit.

Dari penemuan pelajar berusia 15 tahun tersebut, para ilmuwan kemudian melakukan penelitian lebih lanjut selama dua tahun. Titik kecil tersebut kemudian ditetapkan sebagai planet baru.

Tom Wagg mengaku merasa senang karena telah menemukan sebuah planet. Dan dia sendiri sangat terkesan karena planet yang ditemukanya berjarak sangat jauh dari planet tempat dia tinggal.

Banyak yang meyakini, planet baru yang ditemukan pelajar berusia 15 tahun itu memiliki ukuran sebesar planet Jupiter. Di dalam susunan tata surya sendiri, planet Jupiter merupakan planet terbesar.

Planet baru yang ditemukan pelajar berusia 15 tahun mengorbit sebuah bintang di konstelasi Hydra. Suhu planet baru ini diperkirakan mencapai seribu derjat celcius.

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari seribu planet yang mengorbit sebuah bintang sudah ditemukan. Sebagian besar planet – planet tersebut ditemukan oleh teleskop pemburu planet milik NASA.

Planet baru yang ditemukan pelajar berusia 15 tahun ini menjadi bukti bahwa jauh di luar angkasa sana masih terdapat banyak hal – hal baru yang masih belum terungkap.

Leave a Reply