Home >> Gaya Hidup >> Penyakit yang Mungkin Ditularkan Oleh Hewan Peliharaan

Penyakit yang Mungkin Ditularkan Oleh Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan di rumah bisa menjadi hobi yang bisa bermanfaat untuk mengusir kesepian. Tingkah yang lucu dan menggemaskan bisa memberikan hiburan saat berada di rumah. Selain di rumah, mengajak hewan peliharaan jalan – jalan di taman atau jogging juga bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk bersama dengan hewan peliharaan.

Namun memiliki hewan peliharaan selain memberi mereka makan juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihanya. Karena ada berbagai penyakit yang mungkin ditularkan oleh hewan peliharaan. Apa saja? Di bawah ini ulasan selengkapnya.

  1. Kuman perut

Sakit perut yang tidak tahu asal muasalnya bisa jadi disebabkan oleh kuman atau bakteri dari hewan peliharaan. Bakteri Campylobacter jejuni merupakan jenis bakteri yang bisa ditemukan pada kotoran hewan peliharaan.

Mungkin anda merasa tidak menyentuh kotoranya dengan tangan anda. Tetapi ketika hewan peliharaan anda duduk di sofa yang juga anda gunakan maka di sana anda bisa saja tanpa sengaja menyentuhnya. Tanpa anda sadari bakteri yang sudah berpindah ke tangan anda kemudian anda menyentuh makanan dan memasukanya ke dalam mulut maka secara otomatis bakteri tersbut juga masuk ke dalam perut anda.

  1. Demam cakar kucing

Pernahkah anda mengalami demam setelah di cakar kucing? Jika pernah, itu berarti kucing yang anda pelihara tesebut sudah memiliki bakteri baronella pada cakarnya. Bakteri tersebut biasanya hidup di kotoran kuku kucing. Jika anda tercakar kemudian mengalami demam itu tandanya anda terinfeksi bartonella. Rutin mandikan kucing dan beri obat kuku agar bartonella tidak semakin berkembang.

  1. Kurap

Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kulit yang mengalami kurap biasanya akan terasa gatal kemudian iritasi membutk lingkaran. Kucing adalah penyebab kurap tersebut. Anehnya, kucing sendiri juga bisa mengalami kurap pada kulitnya.

  1. Parasit

Pada feses atau kotoran hewan peliharaan terdapat parasit yang apabila menular ke manusia bisa menyebabkan diare.

  1. Meningitis

Penyakit yang mungkin ditularkan oleh hewan peliharaan selanjutnya adalah penyakit mengitis. Penyakit ini sebenarnya disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida yang hidup di mulut kucing atau anjing. Bakteri ini bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening, demam bahkan meningitis. Bakteri ini bisa berpindah ke anda apabila anda digigit atau dijilat di bagian hidung, mulut dan mata.

Leave a Reply