Home >> Wisata >> Kuliner >> Icip – Icip Lontong Gulai Kacang Hijau di Surabaya

Icip – Icip Lontong Gulai Kacang Hijau di Surabaya

Gulai dan kacang hijau, biasanya dua makanan ini disajikan secara berbeda. Gulai biasanya disajikan bersama dengan nasi putih. Sementara kacang hijau paling enak dijadikan es bubur kacang hijau. Namun lain halnya di kawasan Ampel, Surabaya. Ada penjual Gulai yang tidak lengkap menyajikanya kalau tidak dengan kacang hijau. Bukan sebagai minuman pendamping tetapi sebagai bahan utama gulai kacang hijau.

Gulai kacang hijau khas Ampel Surabaya ini dikenal juga dengan nama gulai sasak. Kenapa dinamakan gulai kacang hijau, ya karena gulai ini menggunakan kacang hijau sebagai salah satu rahasia kenikmatanya. Sedangkan dinamakan gulai sasak karena panganan ini banyak dijual di kawasan jalan Sasak atau kawasan Ampel Surabaya.

Sebenarnya selain kacang hijau, tidak ada yang beda dengan bumbu yang digunakan pada gulai kacang hijau dengna gulai yang lain. Yang membuatnya beda penambahan kacang hijau dan daging sapi yang empuk di dalamnya.

Bumbu – bumbu rempah yang diracik bersama dengan kacang hijau membuat kuliner khas Ampel ini memiliki rasa yang kaya. Kuliner ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih atau lontong. Namun kebanyakan orang lebih menyukai memakanya dengan lontong dan diberi kuah yang banyak.

Penambahan kacang hijau sebagai bumbu gulai kacang hijau, selain untuk menguatkan rasa gulainya juga berfungsi untuk mengentalkan kuahnya. Daging sapi yang dimasak di dalamnya juga akan lebih kaya rasa empuk dan bumbu meresap hingga ke bagian daging yang paling dalam.

Beberapa pelanggan setia gulai kacang hijau menambahkan sambal ketika menyantapnya. Dan akan semakin mantap rasanya apabila dimakan saat masih panas. Daging yang empuk, kaya rasa, bumbu – bumbu rempah yang menyatu dengan kacang hijau dalam kuah yang kental membuat cita rasa gulai kacang hijau khas ampel Surabaya ini begitu nikmat. Dengan tambahan sambal yang pedas, dijamin setelah makan gulai kacang hijau ini keringat akan langsung berkeringat namun rasanya yang spesial membuat pecinta kuliner ingin kembali lagi mencicipi gulai kacang hijau khas ampel.

Leave a Reply