Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Mengatasi Jerawat dengan Herbal

Mengatasi Jerawat dengan Herbal

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan. Jerawat biasanya muncul di wajah dan di sekitar area wajah seperti leher hingga kulit kepala. Sebenarnya ada beberapa penyebab jerawat bisa muncul pada kulit seseorang. Bisa karena faktor hormon dimana seseorang telah memasuki masa puber atau kedewasaan maka tubuh juga akan memproduksi hormon sehingga menimbulkan jerawat. Penyebab kedua bisa karena kuman atau bakteri. Wajah yang jarang dicuci atau dibersihkan akan membuat sel kulit mati menumpuk dan ini kemudian menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang. Akibatnya jerawat bisa muncul di wajah.

Jerawat yang suka muncul sesukanya apabila tidak ditangani dengan benar bisa membuat jerawat semakin parah hingga mengalami peradangan. Untuk mengatasi jerawat di wajah, seseorang biasanya mencoba beberapa produk yang banyak dijual di toko atau supermarket. Namun sebaiknya hati – hati saat memilih produk karena akhir – akhir ini marak produk perawatan wajah illegal yang malah bisa memperparah kulit wajah.

Oleh sebab itu dari pada khawatir dengan produk yang anda pilih lebih baik mangatasi jerawat dengan herbal. Berikut ini beberapa herbal yang bisa digunakana untuk mengatasi jerawat:

  1. Bawang putih

Selain bisa membuat masakah semakin sedap, bawang putih ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Untuk menggunakanya sangat mudah. Ambil bawang putih secukupnya. Hancurkan bawang putih tersebut menjadi pasta lalu oleskan pada area kulit yang berjerawat.

  1. Kayu manis

Kayu manis juga berkhasiat untuk kesehatan termasuk untuk mengatasi jerawat. Caranya buat pasta dari campuran kayu manis dan madu kemudian oleskan pasta tersebut pada area kulit yang berjerawat.

  1. Kunyit

Salah satu bumbu dapur untuk membuat sayur kuning ini ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk mengatasi masalah dengan lambung, kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakanya, ambil kunyit secukupnya. Campur dengan sedikit air kemudian haluskan hingga berbentuk pasta. Dan terakhir oleskan pada area kulit yang mengalami masalah dengan jerawat. Namun ada yang harus diperhatikan, kunyit bisa memberikan bekas warna kuning pada kulit, jadi untuk menggunakan pasta kunyit sebaiknya di malam hari dan paginya bisa dicuci bersih agar noda kuning yang menempel tersamarkan. Selain ampuh untuk mengatasi jerawat, kunyit juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah.

Leave a Reply