Home >> Wisata >> Kuliner >> Minuman Khas Solo yang Manis dan Kudu Dicicipi

Minuman Khas Solo yang Manis dan Kudu Dicicipi

Menikmati keindahan wisata alam dan sejarah Kota Solo, tidak lengkap rasanya bila belum mencicipi kuliner khas yang ada di sana. Solo tidak hanya terkenal dengan makanan tradisionalnya tetapi juga memiliki aneka minuman khas yang kudu anda cicipi. Apa saja? Berikut mimuman khas Solo yang manis dan kudu dicicipi:

  1. Dawet ayu

Dawet ayu merupakan minuman khas solo yang kudu anda cicipi ketika berkunjung ke sana. Minuman tradisional ini biasa disajikan dingin dengan pecahan es batu di dalamnya. Dawet ayu memiliki berbagai macam isi seperti cendol, ketanhitam dan biji selasih.dawet solo

Untuk rasa manisnya, didapat dari sirup yang terbuat dari gula kelapa. Sirup gula kelapa ini memiliki warna yang bening tidak seperti sirup yang digunakan pada dawet lainya. Dawet ayu biasanya disajikan dalam wadah yang berbentuk mangkuk kecil. Karena rasanya manis dan dingin, maka dawet ayu sangat cocok diminum di siang hari di saat anda sudah capek dan kepanasan oleh sinar matahari.

Dawet ayu dengan isian yang beraneka warna memubat minuman segar ini menjadi primadona di solo. Bahkan banyak penjual yang menjajakan minuman khas solo ini diberbagai daerah.

  1. Wedang dongo

Wedang dongo merupakan minuman khas solo yang memiliki aroma jahe seperti wedang ronde. Namun wedang dongo memiliki isi yang berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan dengan kacang tumbuk dan irisan kolang kaling di bagian dalamnya. Isian ini kemudian dimasukan ke dalam air jahe manis disajikan di dalam cangkir.wedang dongo

Minuman ini sangat cocok untuk diminum saat malam hari apalagi di tengah udara dingin yang menyelimuti malam. Hangatnya jahe akan membuat tubuh anda hangat dari dalam dan melindungi anda dari masuk angin.

Dua minuman khas solo, yang satu dingin menyegarkan dan yang satunya lagi bisa menghangatkan badan sangat cocok untuk menemani hari anda. Mau siang mau malam dua pilihan minuman khas solo yang manis ini kudu anda cicipi ketika anda bertandang ke solo.

Leave a Reply