Home >> Wisata >> Kuliner >> Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicicipi

Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicicipi

Solo, selain memiliki daya tarik wisata alam dan sejarah juga memiliki kuliner khas yang wajib dicicipi. Bagi pecinta kuliner, makanan khas suatu daerah pasti menjadi daftar buruan kuliner. Selain surganya budaya jawa, solo juga surganya makanan nikmat. Ingin tahu apa saja makanan khas solo? Berikut ini daftar kuliner khas solo yang wajib dicicipi

  1. Nasi liwetliwet

Salah satu kuliner khas Solo yang terkenal adalah nasi liwet. Nasi liwet terbuat dari beras yang dimasak menggunakan air kaldu ayam. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuat nasi ini masuk daftar menu utama ketika anda berkunjung ke solo. Nasi liwet biasanya disajikan di atas daun pisang yang dibentuk pincuk. Kemudian diberi kuah dari sayur labu siam yang pedas, irisan telur pindang rebus dan daging ayam yang disuir. Nasi liwet paling enak disantap saat malam hari. Di tengah dinignya malam, gurih dan pedasnya nasi liwet pincuk akan mengenyangkan dan menghangatkan badan anda.

  1. Timlotimlo

Timlo adalah makan berkuah bening yang didalamnya ada potongan sosis ayam, telur ayam pindang dan jeroan. Timlo biasa disajikan bersama nasi putih dengan taburan bawang goreng di atasnya.

  1. Tengkleng

Tengkleng mirip dengan gulai tetapi tengkleng tidak menggunakan santan. Untuk isi kuahnya hampir sama dengan gulai. Ada potongan tulang dengan sedikit daging yang menempel. Tengkleng biasa disajikan dengan sate jeroan, otak dan organ – organ yang lain seperti otak, mata, telinga, kikil dan lain sebagainya. Yang paling nikmat saat makan tengkleng adalah ketika anda menghisap daging atau sumsum yang menempel di tulang.

  1. Pecel ndesopecel

Pecel ndeso meski namanya ndeso tetapi rasanya tak bisa diremehkan. Pecel ndeso tidak sama dengan pecel yang lain. Pecel ndeso disajikan bersama nasi dari beras merah dengan aneka sayuran seperti jantung pisang, daun petai cina, bunga turi, daun kenikir dan kacang panjang. Untuk lauknya ada banyak pilihan seperti belut goreng, wader goreng, telur mata sapi, sosis solo, gembrot, bongko, otak dan usus goreng.

  1. Gudeg cekerceker

Tidak hanya di jogja, solo ternyata juga memiliki gudeg. Gudeg solo biasa disajikan dengan ceker ayam. Ceker ini sebelumnya dimasak dengan bumbu santan sehingga rasanya semakin gurih.

Nah, jika berkunjung ke Solo jangan lupa untuk berburu kulinernya sambil jalan – jalan menikmati keindahan alam solo.

Leave a Reply