Home >> Wisata >> Kuliner >> Mencicipi Manis Pedas Pisang Goreng Manado

Mencicipi Manis Pedas Pisang Goreng Manado

Pisang goreng biasanya memiliki rasa yang legit dan manis. Tekstur lembut pisang di bagian dalam diselimuti kulit dari tepung dengan sedikit crunchy di bagian luar membuat perpaduan rasa yang luar biasa di dalam mulut. Legit manisnya pisang goreng ditambah lagi dijual dengan harga yang murah membuat siapa pun ketagihan ingin makan lagi dan lagi.

Pisang goreng merupakan salah satu makanan tradisional yang disukai oleh banyak orang. Namun tidak tahu pasti makanan gorengan ini aslinya dari mana daerah mana. Hampir di seluruh wilayah di negeri ini banyak yang menjajakan pisang goreng. Salah satu daerah yang memiliki jajanan pisang goreng khas adalah Manado.

Sekilas tidak ada yang beda antara pisan goreng Manado dengan pisang goreng lainya. Baik dari bahan dan proses pembuatan, semuanya sama persisi. Bahan utama pisang goreng Manado juga menggunakan pisang kapok. Untuk membuatnya pisang terlebih dahulu dikupas kulitnya kemudian dimasukan ke dalam adonan tepung terigu sebagai kulitnya. Setelah permukaan pisang terlumuri dengan sempurna oleh adonan barulah pisang digoreng di dalam minyak panas.

Meskipun bahan dan proses pembuatanya sama, namun yang membuat pisang goreng Manado ini berbeda dengan pisang goreng pada umumnya adalah cara penyajian dan cara makanya. Pisang goreng Manado biasa disajikan bersana dengan sambal ikan Roa yang pedas. Cara makan pisang goreng Manado ini tinggal dicocolkan saja pisang goreng ke dalam sambal. Perpaduan rasa legit manis gurih pisang goreng dengan pedasnya sambal ikan Roa menghasilkan cita rasa yang special di dalam mulut.

Menurut penjual pisang goreng Manado, Joice, “orang Minahasa terbiasa makan makanan gurih dan pedas. oleh sebab itu, makan pisang goreng dengan cocolan samber adalah kebiasaan mereka.”

Ketika berkunjugn ke Manado, untuk mencicipi manis pedas pisang goreng Manado anda tidak perlu susah mencari para penjualnya. Di sepanjang Pantai Malalayang banyak penjual yang menjajakan pisang goreng khas manado. Harganya juga terjangkau, hanya Rp 2000 per buah. Tak lupa sambal Roa juga menjadi pendamping setia makanan gorengan ini. Makan pisang goreng Manado apalagi langsung disajikan saat masih hangat akan terasa sempuran dengan cocolan sambal ikan Road an pemandangan yang indah dari Pantai Malalayang.

Leave a Reply