Home >> Berita Jatim >> Buaya Kali Porong Menampakan Diri

Buaya Kali Porong Menampakan Diri

Akhir – akhir ini kali porong kebanjiran banyak pengunjung bukan karena ingin melihat lumpur buangan lapindo tetapi karena ingin melihat buaya putih yang sering muncul di kali porong. Intensitas kemunculan buaya kali porong semakin sering terjadi. Jika biasanya buaya tersebut hanya muncul di pagi dan sore hari saja kini kawanan buaya itu menampakan diri di malam hari.

Durasi waktu penampakan diri buaya di kali porong di malam hari bahkan lebih lama bila dibandingkan pada saat pagi atau sore hari. Buaya tersebut menjelajah kali porong bahkan hingga mendekat ke bantaran kali.

Para warga yang mendengar tentang kemunculan buaya kali porong banyak yang penasaran ingin melihat buaya langsung dengan mata mereka. Buaya yang akhir – akhir ini sering muncul pada malam hari membuat pengunjung merasa senang khususnya bagi mereka yang tidak bisa datang melihat buaya pada pagi atau sore hari.

Karyadi, Koordinator Karang Taruna setempat menuturkan, “buaya memang kerap muncul pada malam hari. Kemunculan kawanan buaya pada malam hari juga lebih lama bila dibandingkan pada pagi atau sore hari.”

Entah ada hubunganya atau tidak, tetapi setelah warga menggelar sedekah bumi dan melarungkan tumpeng ke kali kini buaya kali porong makin sering menampakan diri pada malam hari.

Pada malam sebelumnya, terlihat jelas buaya besar dengan ukuran sekitar dua meter berjalan di bawah permukaan air kali porong. Terlihat pula buaya lain yang memiliki warna putih berdiam diri di.

Koordinator Karang Taruna tersebut berharap kepada pemerintah untuk mendukung keinginan para warga menjadikan dusunya menjadi objek wisata. Untuk masalah keamanan, para warga sudah bersiaga dengan membuat jadwal yang dibagi menjadi beberapa tim untuk keamanan mulai dari bantaran tanggul, tempat parkir pengunjung dan lain sebagainya.

Buaya kali porong merupakan buaya air tawar. Buaya ini biasanya makan ikan – ikan yang hidup di dalam sungai. Bagi yang penasaran ingin melihat buaya kali porong bisa datang langsung ke lokasi di dusun Awar Awar, Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung. Bisa datang pagi, siang atau malam hari.

Leave a Reply