Home >> Umum >> Waktu yang Tepat Mencuci Handuk

Waktu yang Tepat Mencuci Handuk

Setelah selesai mandi agar air di badan dan di rambut kepala cepat mengering maka orang biasanya memakai handuk. Dalam sehari kebanyakan orang mandi sampai tiga kali. Mandi yang pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Mandi yang kedua di siang hari setelah pulang sekolah atau setelah bekerja. Dan mandi yang ketiga di sore atau malam hari.

Dengan mandi tiga kali sehari berarti handuk juga dipakai tiga kali. Pernahkah anda merasakan handuk anda masih basah saat anda gunakan kembali pada mandi berikutnya? Kondisi handuk yang basah atau masih lembab bisa menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri. Apalagi dihanduk tersebut juga terdapat sel kulit mati anda yang terbawa saat anda menggosokan handuk ke kulit anda. sel kulit mati ditambah kondisi yang lembab sangat cocok untuk bakteri berkembang. Tidak hanya bakteri, jamur juga bisa tumbuh dengan subur di sana. Lalu bagaimana jika handuk tersebut anda gunakan kembali pada tubuh anda? ya, otomatis bakteri dan jamur tersebut juga akan berpindah ke tubuh anda.

Oleh karena itu, handuk sebaik juga butuh untuk dicuci supaya kotoran dan bakteri di handuk juga bisa hilang. Lalu kapan waktu yang tepat mencuci handuk?

Jika setelah memakai handuk kemudian anda menjemurnya di bawah sinar matahari, maka waktu yang tepat mencucik handuk bisa dilakukan seminggu sekali. Menjemur handuk di bawah sinar matahari bisa mengeringkan handuk sekaligus mencegahnya dari bakteri. Jadi cukup seminggu sekali saja untuk mencuci handuk.

Namun waktu mencuci handuk seminggu sekali bukan menjadi patokan. Jika handuk anda sudah menunjukan indikasi ditumbuhi jamur atau bakteri maka sebaiknya langsung dicuci dan di jemur di bawah matahari. Untuk mengetahui indikasinya cukup mudah. Jika aroma hancuk sudah tercium tidak enak maka bisa dipastikan bakteri dan jamur sudah berkembang di handuk anda.

Jika aroma handuk sudah tidak enak lagi, segera cuci bersih handuk lalu keringkan di bawah sinar matahari. Bila perlu rendam terlebih dahulu handuk di air panas agar bakteri di handuk juga mati. Selain itu dengan merendam handuk di dalam air panas akan membuat tekstur handuk lembut kembali. Jadi tidak usah menunggu hingga satu minggu, jika handuk terlihat kotor dan baunya tidak enak maka itulah waktu yang tepat mencuci handuk.

Leave a Reply