Home >> Umum >> Hari Jomblo Nasional

Hari Jomblo Nasional

Tanggal 14 februari biasanya diperingati sebagai hari valentine atau kasih sayang. Hari tersebut juga dimanfaatkan bagi mereka yang sudah memiliki pasangan untuk menyatakan rasa sayangnya terhadap pasanganya. Lalu bagaimana dengan yang mereka yang masih belum memiliki pasangan alias jomblo?

Rasanya tidak adil bukan? Jika yang memiliki pasangan bisa merayakan kebahagianya bersama pasangan tetapi tidak demikian dengan para jomblo. Kenapa tidak ada hari jomblo untuk mereka?

Hari jomblo nasional, ternyata hari itu ada. Di tiongkok setiap tanggal 11 November diperingati sebagai hari jomblo nasional. Peringatan hari jomblo nasional ini dimulai saat mahasiswa dari universitas Nanjing melakukan proters terhadap momen perayaan hari valentine.

Mahasiswa tersebut juga ingin merayakan satu hari untuk jomblo lantaran para jomlowan dan jomblowati sering dibully di sana. Aksi protes mahasiswa tersebut ternyat menimbulkan gejolak di masyarakat bahkan semakin populer hingga ke seluruh negeri.

Semakin populernya hari jomblo ini, akhirnya dipilihlah tanggal 11 November sebagai hari jomblo nasional di tiongkok. Pemilihan tanggal 11 November ini tidak asal pilih. 11 november di presentasikan 11.11 yang artinya kesendirian.

Ketika hari jomblo nasional itu tiba, para jomblo biasanya merayakanya dengan berkumpul dan menyantap empat youtiao atau cakwe dan satu bakpo. Bila makanan ini diletakan sejajar maka akan membentuk 11.11 dimana empat cakwe yang berbentuk memanjang mempresentasikan angka satu sedangkan bakpao yang bulat menjadi symbol titik.

Tidak hanya makan cakwe dan bakpao, para jomblo ini juga mengadakan kencan buta. Bahkan di kota shanghai pernah menyelenggarakan kencan buta terbanyak di dunia yang dihadiri 10.000 jomblo.

Dari aksi iseng mahasiswa Nanjing, akhirnya tanggal 11 november diproklamirkan sebagai hari jomblo nasional di tiongkok. Kini dengan hadirnya hari jomblo nasional ini, para jomblo sepertinya tidak akan malu lagi menyandang status lajang mereka. Para jomblo tidak lagi takut dibully atau takut dipandang sebelah mata oleh yang lain. Jomblo juga punya harinya sendiri.

Lalu bagaimana dengan anda yang masih jomblo, ingin ikut merayakan hari jomblo juga? Atau ingin segera mengakhiri kejombloan anda?

Leave a Reply