Home >> Umum >> Benar dan Salah Mitos tentang Kopi

Benar dan Salah Mitos tentang Kopi

Kopi, bagi penikmat kopi hukumnya wajib di meja di setiap saat. Mau pagi, siang, atau petang kopi selalu menemani hari – hari mereka. Tetapi kontras dengan mereka yang mempercayai mitos kopi. Menurut mereka kopi bersifat buruk untuk tubuh. Mitos ini semakin parah dengan dikaitkanya kopi dengan berbagai penyakit. Benarkah demikian?

Inilah benar dan salah mitos tentang kopi:

  1. Kopi membuat peminum kecanduan

Mitos kopi yang membuat peminumnya kecanduan bisa jadi adalah benar. Kopi yang mengandung kafein yang mampu merangsang sistem saraf. Kopi bisa menimbulkan rasa senang setelah meminumnya. Mengkonsumsi kopi secara teratur memang bisa menimbulkan ketergantungan fisik ringan. namun kafein kopi ini tidak bisa disamakan dengan zat adiktif yang ada pada obat – obatan atau alcohol.

  1. Kopi bisa menurunkan berat badan

Mitos tentang kopi bisa menurunkan berat badan adalah benar. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa meningkatkan metabolism tubuh sebanyak sebelas persen. Kafein ini juga bisa menekan nafsu makan seseorang.

  1. Minum kopi meningkatkan resiko kematian

Salah, mitos minum kopi bisa meningkatkan resiko kematian adalah tidak benar. Tidak ada korelasi antara minum kopi dan peningkatan resiko kematian.

  1. Minum kopi di siang hari tidak bisa tidur di malam hari

Kalau orang jawa bilang, “kopi tombone ngantuk” artinya kopi adalah obatnya untuk kantuk. Minum kopi memang bisa bikin mata melek bebas kantuk. Jika dihubungkan dengan minum kopi di siang hari dan jam tidur malam, maka mitos yang beranggapan minum kopi di siang hari membuat orang tidak bisa tidur di malam hari adalah salah. Tubuh bisa membersihkan kafein dari kopi dalam waktu empat hingga lima jam. Minum secangkir kopi di sinag hari tidak akan membuat anda tidak bisa tidur di siang hari. karena kafein tersebut sudah dibersihkan oleh dari tubuh.

  1. Kopi membantu melawan penyakit

Mitos tentang kopi yang bisa mengundang penyakit sebenarnya kurang tepat. Menurut penelitian, kopi justru bisa menurunkan resiko terkena kanker usus besar, kanker payudara, diabetes tipe 2, Parkinson dan juga alsheimer. Kopi juga bisa meringankan sakit kepala, mengurangi depresi dan menurunkan resiko bunuh diri sebanyak 50 persen. Adapun mitos yang mengkaitkan kopi dengan kesehatan bisa saja benar jika orang tersebut sudah memiliki gangguan kesehatan kemudian bisa diperburuk setelah minum kopi seperti maag, asam lambung dan lain sebagainya.

Leave a Reply