Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tanda Penuaan Dini di Usia Muda

Tanda Penuaan Dini di Usia Muda

Ketika masih muda, banyak orang yang merasa dirinya tidak akan pernah tua. Begitu pula ketika masa tua sudah tiba, jiwa muda terkadang masih menggelora. Meski demikian, setiap orang pasti juga akan merasakan tua. Entah di masa tuanya nanti atau bahkan masa tua datang lebih cepat atau dikenal penuaan dini.

Penuaan dini ini bisa dilihat pada kondisi kulit dan munculnya uban. Tanda – tanda penuaan dini ini biasanya muncul pada seseorang yang sudah menginjak usia 30 an.

Namun tanda penuaan dini ini juga bisa muncul pada orang yang usianya di bawah 30 tahun. Ingin tahu apa saja tanda – tanda penuaan dini yang lain? Inilah ulasan selengkapnya untuk anda:

  1. Kebotakan

Tanda – tanda penuaan dini di usia muda yang pertama adalah kebotakan. Beberapa laki – laki yang mengalami kebotakan terjadi sebelum usia 30 tahun. Kebotakan biasanya diawali dengan ketebalan rambut yang berkurang kemudian lambat laun akan terjadi kebotakan. Penyebab kebotakan ini bisa disebabkan oleh hormon. Faktor yang lain juga bisa menyebabkan kebotakan seperti obat – obatan kimia, sampo dan lain sebagainya.

  1. Kulit

Elatisitas kulit seseorang biasanya menurun saat memasuki usia 20 tahun. Kulit yang mulai mengeriput bisa disebabkan oleh hormon elastin yang mulai berkurang atau kondisi medis lain. Kondisi tersebut akhirnya membuat sesorang terlihat lebih tua dari usianya.

  1. Alergi makanan

Beberapa orang tiba – tiba alergi pada suatu makanan itu bisa jadi merupakan salah satu tanda penuaan dini. Tetapi kebanyakan tidak sadar bahwa dia sedang mengalami penuaan dini.

  1. Menstruasi

Menstruasi biasanya adalah tanda wanita sudah mulai masuk usia dewasa. Namun menstruasi yang tidak teratur hingga bahkan mungkin mengalami menopause merupakan tanda penuaan dini. Hal ini bisa disebabkan oleh hormon estrogen dan pogesteron menurun di dalam tubuh wanita tersebut.

  1. Radang sendi

Radan sendi di usia muda merupakan tanda bahwa orang tersebut telah mengalami penuaan dini.

Leave a Reply