Home >> Umum >> Suku Dukha Hidup Bersama Rusa Kutub

Suku Dukha Hidup Bersama Rusa Kutub

Rusa kutub biasanya bersikap kurang ramah dengan manusia. Binatang liar ini kerap kali menunjukan agresivitasnya ketika ada manusia yang mencoba mendekatinya. Mereka akan mencoba melawan seperti menunjukan daerah yang mereka injak adalah wilayah kekuasaanya.

Di habitat alami rusa kutub kerap menjadi hewan buruan baik oleh para manusia maupun para pemangsa. Semakin meningkatnya jumlah pemburu membuat populasi rusa kutub kian terancam kepunahan. Karena inilah rusa kutub terlihat sangat agresif ketika ada yang mencoba mendekatinya.

Namun tidak semua rusa kutub bersikap agresif terhadap manusia. Ada bebeapa kawanan rusa kutub yang hidup dengan rukun dengan manusia bahkan keduanya hidup saling berbagi dalam kedamaian.

Rusa kutub tersebut berteman baik dengan suku Dukha, suku Turk terakhir dari Mongolia. Suku Dukha merupakan suku nomaden atau suka berpindah – pindah tempat. dalam keseharianya, suku Dukha melakukan aktivitas bersama dengan rusa kutub. Selain sebagai alat transportasi, suku Dukha juga mengkonsumsi susu dari rusa kutub. Mereka bahkan telah berhasil membuat keju dari rusa kutub.

Meski kehidupan mereka terlihat tenang dan tentram, namun jumlah populasi suku Dukha lambat laun semakin banyak berkurang populasinya. Saat ini tersisa 44 keluarga suku Dukha. Jumlah keseluruhan suku Dukha yang tersisa sekitar 200 sampai 400an orang.

Begitu pun dengan populasi rusa kutub yang ada di sana. Pada tahun 1970, jumlah populasi rusa kutub diperkirakan ada sekitar 2000 ekor. Namun kini jumlah rusa kutub yang ada di sana telah menurun drastis. Rusa kutub yang ada sekarang diperkirakan hanya sekitar 600an ekor. Jumlah populasi yang turun sangat jauh bila dibandingkan dengan populasi rusa pada tahub 1970.

Suku Dukha dalam keseharianya terbiasa hidup dengan rusa kutub. Mereka bisa hidup berdampingan bersama. Tidak terlihat seperti hewan peliharaan, kebersamaan mereka malah terlihat seperti dua sahabat yang sangat akrab.

Hubungan baik antara keduanya bisa menjadi simbiosis mutualisme antara dua makhluk yang saling menjaga. Manusia memanfaatkan susu rusa kutub untuk kebutuhan konsumsi sedangkan rusa kutub juga akan semakin aman dari para pemburu bila mereka bersama dengan suku Dukha.

Leave a Reply