Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Rahasia Dibalik Biji Semangka

Rahasia Dibalik Biji Semangka

Kebanyakan orang makan buah semangka dengan membuang bijinya. Padahal biji semangka memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Apa saja rahasia dibalik biji semangka? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda:

  1. Sumber asam amino

Asam amino dalam tubuh berguna untuk meningkatkan sistem metabolisem tubuh, kesehatan seksual dan sistem organ kardovaskular. Asam amino saat ini bisa didapatkan dari obat – obatan atau suplemen yang banyak tersedia di apotek. Namun dokter sebenarnya lebih menyarankan untuk mendapatkan asam amino ini secara alami.

Siapa yang mengira, biji semangka yang sering dibuang saat makan semangka ternyata banyak mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi biji semangka bisa membantu untuk mencukupi asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Magnesium

Magnesium berfungsi untuk mengontrol diabetes, hipertensi, mempercepat metablisme, sintesis protein dan menormalkan tekanan darah. Mengkonsumi 100gram biji semangka bisa memberikan 139 persen jumlah magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kesehatan seksual

Biji semangka mengandung beberapa vitamin dan lycopene yang bermanfaat untuk kesuburan pria. Beberapa vitamin yang ada di dalam biji semangka bagus untuk darah dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mempertajam memori

Mengkonsumsi biji semangka bisa membantu mempertajam memori. Kandungan vitamin di dalamnya, bisa membuat daya retensi ingatan seseorang semakin tajam.

  1. Melawan diabetes

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, biji semangka bisa bermanfaat untuk melawan atau mengontrol diabetes. Cara mengkonsumsi biji semangka bagi penderita diabetes bisa dilakukan dengan cara seperti menyeduh teh. Caranya ambil biji semangka kemudian rebus selama empat puluh sampai empat puluh lima menit kemudian air rebusan tadi bisa diminum seperti minum teh biasa.

Banykanya manfaat dari biji semangka tersebut, maka sebaiknya ketika makan semangka bijinya tidak kita buang. Dengan sedikit kreativitas, biji semangka tersebut bisa diolah menjadi bahan pangan lain yang lebih enak, seperti membuatnya menjadi kwaci atau olahan yang lain. Dibuat minuman seperti yang dijelaskan di atas tadi juga bisa.

Leave a Reply