Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Kenali Gejala Diabetes Berikut Ini

Kenali Gejala Diabetes Berikut Ini

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang sulit dikenali. Diabetes bisa datang secara diam – diam tanpa anda sadari. Beberapa pengidap diabetes sulit untuk disembuhkan. Tetapi jika sudah terkena penyakit ini bisa dikontrol asalkan tahu gejala – gejala diabetes. Seperti apa gejala – gejala diabetes?

Kenali gejala diabetes berikut ini:

  1. Lelah, lapar, haus dna lemas adalah gejala yang kerap dirasakan oleh penderita diabetes.

Gejala ini terjadi karena hormon insulit sudah tidak aktif lagi akibatnya gula darah sulit untuk melewati membrane sel dan terjadilah penumpukan gula darah.

  1. Sering buang air kecil.

Gejala ini sering kali dirasakan oleh para penderita diabetes yang sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Padahal penderita tersebut merasa tidak minum banyak air sebelum pergi tidur. Dalam semalam biasanya bisa sampai tiga kali buang air kecil.

  1. Sering ngantuk.

Pada penderita diabetes, gula yang dibawa dalam darah sulit untuk diserap tubuh. Akibatnya gula banyak terbuang bersam urine. Padahal tubuh sebenarnya juga membutuhkan gula sebagai energi. Oleh karena itulah diabetes sering ngantuk.

  1. Berat badan berkurang

Tidak terserapnya gula oleh tubuh membuat tubuh kurang berenergi. Tubuh kemudian akan memanfaatkan lemak dalam tubuh sebagai cadangan energi. Jika hal ini tersu dilakukan, maka lemak juga akan berkurang dan berat badan berkurang.

  1. Kulit gatal, kering dan mudah terinfeksi

Diabetes bisa membuat kerusakan pada saraf tepi atau neuropati perifer akibatnya kulit akan terlihat pucat dan kering.

  1. Menurunya sistem kekebalan tubuh

Gagalnya insulin pada diabetes membuat berbagai penyakit dari luar mudah menyerang tubuh. Bagian tubuh yang sering mengalami luka adalah kaki dan tangan.

  1. Penglihatan kabur

Kadar gula yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf mata akibatnya penglihatan menjadi kabur.

  1. Sering kesemutan

Kadar gula berlebih pada diabetes menyebabkan kemampuan saraf berkurang. Efeknya diabetes sering mengalami kesemutan.

Leave a Reply