Home >> Gaya Hidup >> Tips Mencuci Wajah dengan Sabun

Tips Mencuci Wajah dengan Sabun

Tidak bisa dipungkiri wajah adalah pertama kali yang dilihat oleh orang saat pertama kali bertemu. Kesan pertama kepada orang datang dari wajahnya. Wajah yang bersih dan terawat menunjukan orang tersebut juga bersih dan menyukai kebersihan. Begitu pula sebaliknya.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah adalah mencucinya. Beberapa orang terbiasa mencuci muka dengan sabun. Jika bahan sabunnya sesuai dengan kondisi wajah dan cara mencucinya juga benar maka wajah akan kembali bersih dan bebas dari kotoran atau masalah kulit.

Berikut ini tips mencuci wajah dengan sabun:

  1. Kebanyakan produk sabun batangan tidak menyertakan bahan pelembab. Penggunaan sabun tanpa bahan pelembab ini jika terlalu sering bisa membuat kulit wajah mencari kering. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan sabun untuk mencuci wajah sebaiknya perhatikan apakah ada bahan pelembab didalam komposisinya.
  2. Pemilihan sabun untuk mencuci wajah sebaiknya juga disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Beberapa produk sabun yang tidak sesuai dengan kondisi kulit wajah akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti alergi dan juga jerawat. Pilihlah bahan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit anda.
  3. Memakai sabun untuk mencuci wajah tidak hanya dengan mengusapkanya ke wajah tetapi juga menggosoknya dengan lembut dan halus dengan sedikit pijatan agar kotoran di kulit bisa terangkat.
  4. Cuci bersih wajah, beberapa orang terbiasa mencuci dan menganggapnya sudah bersih jika busa sudah hilang. Padahal wajah yang berpori juga bisa membuat sisa sabun masih menempel di wajah. Sisa yang menempel ini bisa menyumbat pori – pori dan menimbulkan masalah kulit. Setelah mencuci wajah dengan sabun sebaiknya dibilas dengan air bersih sampai bersih lalu dikeringkan dengan handuk yang halus.
  5. Gunakan air panas sesekali untuk mencuci wajah agar pori – pori yang tertutup bisa terbuka. Pori – pori yang tertutup akibat kotoran atau karena mencuci wajah dengan sabun yang tidak bersih bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Air panas bisa membantu membuka pori – pori sehingga kulit bisa bernapas dan kembali segar.

Leave a Reply