Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Mengetahui Telur Segar

Tips Mengetahui Telur Segar

Telur ceplok atau telur mata sapi adalah salah satu menu disukai oleh banyak orang. Telur termasuk makanan sehat yang memiliki banyak protein dan nutrisi baik lainya yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun perhatikan dengan kondisi telur yang akan anda makan. Apakah telur tersebut masih segar atau sudah busuk? Jika telur masih segar makan aman untuk dikonsumsi sedangkan jika telurnya sudah busuk maka jangan pernah mencoba untuk memasaknya karena telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Bagaimana mengetahui talur masih segar atau sudah busuk?

Untuk mengetahui telur masih segar atau tidak bagi sebagian orang mungkin susah karena telur tersebut terbungkus oleh cangkang yang tidak tembus pandang. Jadi orang tidak tahu bagaimana kondisi sebenarnya di dalam telur.

Untuk mengetahui telur masih segar atau tidak, berikut tips yang bisa anda coba:

  1. Uji ambang

Melakukan uji ambang ini mudah tidak perlu menyiapkan alat yang aneh – aneh. Siapkan mangkuk berisi air dan juga telur yang ingin anda uji.

Untuk mengetahui hasil uji telur masih segar atau tidak bisa dilihat dari kondisi telur. Jika saat dimasukan ke dalam air telur tersebut tenggelam itu menandakan telur masih bagus dan segar. Namun jika telur tersebut mengambang maka telur sudah tidak segar lagi. Jika ternyata telur melayang – laying di bawah permukaan air, telur tersebut masih diperbolehkan untuk dimakan.

  1. Uji tumpah

Dekatkan telur ke telinga kemudian kocok atau goyangkan sedikit jika dari dalam telur terdengar suara tumpah berarti telu tersebut sudah tidak segar lagi alias busuk dan harus dibuang.

  1. Retakan telur

Jika masih kesulitan dengan dua uji coba di atas, maka langkah terakhir adalah dengan mengeluarkan isi telur tersebut. pecahkan telur kemudian taruh di sebuah wadah. Jika kuning telur masih berbentuk bulat utuh maka itu artinya telur masih segar dan layak untuk dimakan. Namun jika kuning dan putih telur sudah berbentuk seperti air, maka itu tandanya telur sudah tidak segar lagi alias busuk maka jangan pernah mengkonsumsinya. Telur yang busuk selain tidak enak dimakan juga sudah tidak sehat lagi.

Leave a Reply