Home >> Peristiwa >> Membuat Selai yang Enak dan Sehat

Membuat Selai yang Enak dan Sehat

Makan roti tawar paling enak dengan ditambahkan selai di atasnya. Banyak pilihan rasa selai yang bisa dipilih seperti rasa cokelat, stroberi, kacnag dan lain sebagainya. mudah untuk mendapatkan selai ini. di toko – toko atau swalayan produk ini banyak tersedia.

Namun masalahnya, apakah anda sadar beberapa selai memiliki label yang cukup aneh. Di label tersebut disebutkan batas tanggal kadaluarsanya yang hingga berbulan – bulan. Padahal jika selai ini dibuat secara alami ketahananya tidak mungkin bisa selama itu. Bisa jadi selai tersebut sudah dicampuri dengan bahan pengawet.

Selai yang seharusnya enak dan sehat ini jika ditambahkan bahan pengawet akan menjadi selai yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain bahan pengawet beberapa selai juga diduga menggunakan pemanis buatan karena rasa manis yang dihasilkanya begitu tajam dan berbeda dengan manisnya gula.

Jika sudah demikian selai tersebut tidak baik untuk dikonsumsi karena sudah tidak sehat lagi bagi tubuh. Daripada menanggung resiko dari bahan – bahan berbahaya yang ada di selai, lebih baik membuat selai sendiri yang enak dan sehat di rumah. Cara membuatnya cukup mudah.

  1. Direbus dengan api kecil

Membuat selai dari buah – buahan sebaiknya dibuat dengan cara direbus dengan api kecil. Memang akan memakan waktu yang agak lama tetapi dengan cara memasak seperti ini campuran buah dan gula atau sirup bisa menyatu dan mengental menjadi satu sehingga membuat selai terasa enak. Bahan alami dari buah – buahan asli juga akan membaut selai yang sehat untuk dikonsumsi.

  1. Gunakan bahan pengental yang aman

Selai yang enak dan sehat adalah selai kental yang dibuat dari bahan alami. Untuk bisa menjadi kental tidak perlu menambahkan bahan pengental yang aneh – aneh. Gula sebenarnya bisa menjadi bahan pengental yang baik atau jika teksturnya masih kurang kental bisa menambahkan gelatin.

  1. Jangan campurkan bahan pengawet

Selai yang sehat dan enak yang dibuat dari bahan alami sebenarnya mampu bertahan selama satu bulan jika disimpan di dalam lemari es. Gula sebenarnya bisa menjadi bahan pengawet juga oleh karena itu jangan ditambahkan lagi bahan pengawet yang berbahaya. Sebaiknya membuat selai dengan takaran sesuai kebutuhan selama satu bulan jangan membuat banyak – banyak nanti kalau tidak tahan lama malah sayang karena harus dibuang.

Leave a Reply