Home >> Umum >> Bajaj Listrik Solusi Atasi Polusi

Bajaj Listrik Solusi Atasi Polusi

Ibu kota yang sudah penuh sesak oleh berbagai jenis kendaraan seperti mobil pribadi, motor, bus, dan angkutan umum membuat polusi udara semakin meningkat. Kondisi yang demikian ternyata berimbas pada dilarangnya bajaj untuk melintasi jalanan ibu kota.

Asap knalpot dari bajaj dianggap sebagai penyumbang polusi udara di jalanan. Kebijakan untuk melarang bajaj melintas di jalanan sangat disesalkan oleh para supir bajaj. Mereka yang menyambung hidup dari menarik bajaj kini kesulitan untuk lebih produktif lagi dengan bajajnya. Pelarangan bajaj ini bagi sebagian pihak bukan solusi terbaik untuk mengurangi polusi.

Jika bajaj model yang dulu tidak boleh melintas bagaimana dengan model bajaj yang satu ini? ya, bajaj listrik di india bajaj listrik ini diberi nama Zbee. Bajaj ini sudah menghilangkan asap dari knalpotnya dan sudah mengganti mesin utamanya menggunakan tenaga listrik.

Zbee sebenarnya dikembangkan oleh Clean Motion perusahaan asal Swiss. Perusahaan ini kemudian menjalin kerjasama dengan perusahaan DLF india. rencananya bajaj listrik ini akan dirilis pada Juli 2015 mendatang

Keunggulan dari bajaj listrik ini adalah kendaraan roda tiga ini bisa menghemat energi hingga 30 persen perkilometernya bila dibandingkan dengan kendaraan CNG. Penggunaan mesin listrik di dalamnya hanya membutuhkan daya sebesar 4kW untuk bisa berjalan. Bila baterai Zbee terisi penuh, maka bajaj listrik ini bisa berjalan dengan kecepatan 45 Km/jam dengan jarak tempuh hingga 50 Km.

India yang juga sebagai pembuatnya, kabarnya akan mulai mengoperasikan bajaj listrik ini dengan rute dari stasiun Malviya Nagar ke Mall DLF Place Saket untuk tahap pertama nanti. Sedangkan untuk tahap kedua, bajaj listrik ini akan beroperasi di Cyber City Gugaon.

Kendaraan bertenaga listrik akhir – akhir ini memang banyak diperbincangkan sebagai solusi untuk atasi polusi. Diakui memang kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil bumi memang sebagai pemicu utama naiknya polusi udara di berbagai tempat. tidak hanya di ibu kota, tetapi juga di negara maju lainya.

Dengan hadirny bajaj listrik ini, bisa menjadi solusi untuk atasi polusi yang tinggi. Peranya bisa menggantikan bajaj yang telah dilarang .

Leave a Reply