Home >> Umum >> Pulau Nishinoshima, Pulau Vulkanik yang Semakin Luas

Pulau Nishinoshima, Pulau Vulkanik yang Semakin Luas

Beberapa pulau yang ada di dekat atau di tengah laut biasanya akan tergerus ombak dan lama – lama akan semakin kecil luasnya. Derasnya terjangan ombak laut bisa menimbulkan abrasi sehingga pulau yang sebelum mengalami abrasi masih memiliki pantai kemudian pantainya lenyap.

Namun tidak demikian dengan apa yang terjadi di jepang. Negara yang pernah mengalami tsunami pada tahun 2011 ini kini memiliki pulau baru yang ukuranya semakin lama semakin luas karena ada aktivitas vulkanik di dalam laut.

Pulau vulkanik tersebut adalah Pulau Nishinoshima. Dalam pantuan selam 15 bulan terakhir ini, Pulau Nishinoshima telah mengalami perluasan menjadi 11 kali lebih luas bila dibandingkan dengan ukuran pulau semula.

Sebelum mengalami perluasana, pada November 2013 ada pulau baru bernama Niijima di dekat pulau Nishinoshima. Pulau ini terbentuk oleh erupsi vulkanik dari dalam laut. Aktivitas vulkanik aktif ini kemudian terus menerus terjadi hingga menyebabkan pulau Niijima dan pulau Nishinoshima bersatu.

Badan Penjaga Pantai Jepang (Mizuho) melaporkan, aktivitas gunung berapi di bawah laut masih sangat aktiv. Dari pengintaian yang mereka lakukan akhir – akhir ini, asap vulkanik terlihat membumbung tinggi 1.200 meter dari mulut gungun berapi tersebut.

Tidak hanya asap saja yang terlihat, aktivitas gunung berapi juga menyertakan semburan batu – batu vulkanik. Batu yang keluar kemudian langsung bersentuhan dengan air laut. Batuan vulkanik tersebut kemudian membuat pulau Nishinoshima semakin luas.

Dari catatan Global Volcanism Program di Smithsonian Institution, belum ada aktivitas dari letusan gunung berapi yang serius yang terjadi di sana. Namun dari aktivitas gunung berapi ini lelehan batuan vulkanik semakin membuat luas pulau Nishinoshima.

Laporan terakhir dari luas pulau Nishinoshima pada 23 Februari 2015 lalu telah berkembang menjadi 2,45 Km persegi. Diperkirakan dengan intensitas aktivitas gunung berapi di bawah laut ini, luas pulau Nishinoshima semakin lama akan semakin bertambah luas. Saat ini pulau Nishinoshima telah meluas atau berkembang ke arah timur. Jika aktivitas vulkanik masih seperti ini, pulau Nishinoshima diperkirakan akan lebih luas lagi.

Leave a Reply