Home >> Umum >> Danau Api di India

Danau Api di India

Danau pada umumnya adalah tempat untuk menampung air dalam skala yang banyak. Danau ada yang buatan dan ada yang alami. Keduanya biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Air yang melimpah menjadi sumber daya yang membawa berbagai manfaat seperti untuk kebutuhan air bersih, air minum, untuk ternak atau juga untuk pengairan.

Namun tidak demikian dengan danau yang ada di india. danau di india ini dahulunya sebenarnya juga danau biasa yang menampung banyak air dan sangat diberguna bagi masyarakat setempat. Namun setelah danau ini tercemar oleh limbah dari perusahaan plastik, danau ini berubah menjadi danau api.

Jika dilihat pada siang hari, dananu ini terlihat terselimuti oleh busa putih yang seolah tampak seperti salju atau kapas yang lembut. Namun jangan sekali – kali mencoba menyentuhnya. Apalagi berhasrat ingin mandi di dalamnya. karena jika dilihat dari malam hari ternyata danau ini memunculkan percikan api di permukaan busa tersebut.

Danau Bellandur, yang dulu dikenal penduduk setempat sebagai danau yang berisi banyak air kini telah berubah menjadi danau api yang berbahaya. Para ahli menuturkan, percikan api tersebut muncul karena lapisan minyak dan fosfor dari limbah pabrik tersebut.

Lapisan busa berbahaya dari limbah pabrik plastik tersebut kini semakin meninggi. Pada 19 Mei 2015 lalu lapisan busa tersebut sudah setinggi 4 meter akibat air hujan. Bahkan semakin menigginya air di dalam danau, membuat busa ikut terangkat hingga meluber ke pinggir danau. Busa berbahaya ini juga ditakutkan akan merembet ke danau yang lain apabila tidak segera ditangani oleh para pihak yang berwenang.

Efek jika terkena busa tersebut akan menimbulkan rasa seperti terbakar. Penduduk sekitar juga menjadi korban danau api ini. mereka mengaku mengalami alergi dan rasa seperti terbakar di kulit.

Kondis yang berbahaya ini bisa sangat mengancam jiwa para penduduk sekitar. Para pejabat setempat yang mengetahui persitiwa danau terbakar ini kemudian mulai melakukan investigasi terhadap limbah busa dari pembuangan pabrik plastik tersebut.

Leave a Reply