Home >> Umum >> Genggaman Tanganmu Kesehatan Jantungmu

Genggaman Tanganmu Kesehatan Jantungmu

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kekuatan genggaman seseorang itu juga berkaitan dengan jantungnya. Dari penelitian yang dilakukan kepada 140.000 responden yang berusia 35 – 70 tahun dari 17 negara dan dipantau selama 4 tahun bisa disimpulkan bahwa kekuatan genggaman berkaitan dengan jantung, stroke dan juga kematian premature.

Para peneliti menjelaskan, setiap penurunan kekuatan genggaman tangan sebanyak lima kilogram berkaitan dengan peningkatan resiko kematian akibat penyakit non jantung. Resiko kematian ini bisa disebabkan oleh berbagai sebab.

Para peneliti memprediksi, kekuatan genggaman tangan bisa lebih efektif memperkirakan resiko kematian daripada melalui tekanan darah. Memang ditemukan keterkaitan antara kekuatan genggaman tangan dengan peningkatan resiko kematian akibat penyakit jantung, stroke dan juga kematian premature meskipun sebenarnya ada pula faktor peningkatan resiko kematian yang lain yang disebabkan oleh faktor usia, rokok, alcohol dan lain sebagainya.

Keterkaitan kekuatan genggaman tangan dan jantung secara sederhana adalah tangan merupakan ujung dari saluran pembuluh darah terutama pada ujung jari – jari tangan. Jantung yang memiliki tugas untuk memompa darah untuk ke seluruh tubuh hingga bahkan ke ujung jari jemari.

Ketika tangan digunakan untuk bekerja maka jantung pun juga akan terpompa untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh termasuk juga tangan. Kekuatan genggaman orang memang bisa berkurang apabila faktor usia juga sudah datang. Termasuk juga jantung.

Keterkaitan kekuatan genggaman tangan dan jatung, bila seseorang memiliki penyakit jantung maka bisa diidentifikasi melalui kekuatan genggaman tangan. Pada kasus yang lain, penyakti jantung seseorang juga bisa diidentifikasi dari kondisi tangan atau telapak tangan. Beberapa pengidap jantung biasanya permukaan tanganya akan lebih berkeringat atau lebih banyak mengeluarkan air keringat dibanding dengan tangan orang normal. Penyakit jantung dengan tanda – tanda seperti ini biasanya adalah penyakit jantung lemah.

Stroke juga sangat berkaitan dengan tekanan darah. Stroke bisa terjadi apabila seseorang mengidap penyakit hipertensi atau tekanan darah. Tekanan darah yang tidak terkendalai bisa membuat pembuluh darah pecah yang bisa berakibat pada kematian.

Leave a Reply