Home >> Umum >> Simbiosis Mutualisme Nelayan Brasil dan Lumba – Lumba

Simbiosis Mutualisme Nelayan Brasil dan Lumba – Lumba

Ada persamaan dan perbedaan antara manusia dan lumba – lumba. Persamaanya adalah mereka sama – sama mamalia. Sedangkan perbedaanya adalah jika manusia mamalia darat, lumba – lumba adalah mamalia air. Sebagai mamalia, lumba – lumba merupakan salah satu makhluk cerdas yang hidup di bawah air.

Lumba – lumba juga memiliki hubungan baik dengan manusia. Ada beberapa kisah yang menceritakan ada seorang peselancar yang sedang menjadi santapan hiu kemudian ditolong oleh lumba – lumba. Peselancar tersebut berhasil selamat dari gigitan hiu dan berhasil menuju ke pinggir pantai dengan bantuan lumba – lumba.

Hubungan baik antar mereka disebut sebagai simbiosis mutualisme. Hubungan simbiosis mutualisme antara manusia dan lumba – lumba juga terjadi di brasil. Simbiosis mutualisme terjadi antara nelayan brasil dan lumba – lumba. Bahkan nelayan sangat tergantung pada bantuan lumba – lumba.

Di Laguna, brasil para nelayan dan lumba – lumba memiliki hubungan yang sangat baik. ada sekitar dua puluh kawanan lumba – lumba yang bekerja sama dengan para nelayan brasil untuk menangkap ikan.

Cara kerjasama mereka adalah lumba – lumba membantu menggiring kawanan ikan menuju atau mendekati perahu nelayan brasil. Jika ikan sudah mendekat, lumba – lumba kemudian akan memberikan tanda kepada nelayan dengan kepala atau ekornya memberitahu di mana nelayan harus menyebar jaring mereka.

Ikan yang sudah masuk ke dalam jaring kemudian bisa diangkat oleh nelayan. Sedangkan ikan yang berhasil kabur atau tidak ikut terjaring akan dimakan oleh para lumba – lumba. Simbiosis mutualisme antara dua mamalia berbeda alam ini bisa saling menguntungkan kedua pihak. Nelayan bisa mendapatkan ikan sementara si lumba – lumba bisa kenyang makan ikan yang kabur.

Para nelayan brasil sangat diuntungkan oleh kerja sama atau simbiosis mutualisme ini. kondisi air laut Laguna yang keruh menyulitkan nelayan untuk mencari ikan. Kalaupun bisa menangkap hasilnya mungkin tidak akan sebanyak saat mereka bekerja sama dengan para kawanan lumba – lumba. Kemunculan mamalia cerdas ini sangat dinanti para nelayan ketika mereka ingin melaut.

Leave a Reply