Home >> Umum >> Waspadai Beras Plastik Masuk Negeri

Waspadai Beras Plastik Masuk Negeri

Beras adalah bahan makanan pokok yang biasa dimakan oleh orang Indonesia setiap harinya. beras berasal dari padi yang telah melewati proses penggilingan. Beras yang sudah bersih dari kulitnya kemudian dimasak hingga matang dan jadilah nasi. Sebagai bahan makanan utama nasi bisa menjadi penghasil energi untuk aktivitas harian. Bahkan orang jawa mengatakan “belum makan kalau belum makan nasi” walaupun sebenarnya mereka juga telah makan roti, mi atau makanan yang lain.

Indonesia termasuk salah satu negara agraris. Luasnya wilayah Indonesia dan keadaan topografi yang subur sangat cocok untuk dijadikan lahan pertanian. Namun anehnya, luasnya lahan pertanian ini ternyata masih belulm cukup untuk memberikan stok beras yang cukup. Inilah kemudian yang membuat bulog terpaksa mengimpor beras dari luar negeri.

Beberapa waktu lalu tersiar kabar yang begitu mengejutkan. Telah ditemukan beras plastik oleh seorang masyarakat yang bernama Dewi Septiani pada beras yang dia masak. Beras plastik itu dia temukan di pasar Mutiara Gading Timur Bekasi. “saya menemukan beras plastik ini di pasar Mutiara Gading Timur. Jenis beras tersebut jenis beras lokal karawang.”ungkapnya.

Secara sekilas untuk membedakan beras plastik dengan beras asli sedikit susah. Namun dari pengalaman Dewi Septiani, dia membeberkan bagaimana membedakan beras tersebut.

  1. Beras plastik bila dimasak tidak bisa menyerap air secara langsung.
  2. Ketika dimasak menjadi bubur, beras plastik tersebut bentuknya tidak hancur atau lembek tetapi tetap berupa beras
  3. Rasa beras plastik juga berbeda dengan beras asli. Menurut Dewi, beras plastik memiliki rasa tawar. Berbeda dengan beras asli yang ada rasa manisnya.

Kalau masih belum matang, beras plastik jika dicampur dengan beras asli akan sangat sulit untuk membedakan. Butuh ketelitian untuk memilah beras tersebut. beras plastik ini bila ikut termakan menurutnya akan membuat perut mual. Bahkan beras plastik ini bisa membuat perut menjadi sakit.

Mengingat beras plastik ini juga merupakan beras tiruan yang berbahan plastik maka bisa sangat berbahaya bila dikonsumsi. Bahan plastik umumnya bisa memicu kanker.

Leave a Reply