Home >> Umum >> Kenali Sisi Baik Kolesterol

Kenali Sisi Baik Kolesterol

Kebanyakan orang menganggap kolesterol adalah jahat, sumber penyakit dan sangat buruk untuk tubuh. Kolesterol memang banyak dikenal oleh orang sebagai pembawa malapetaka bagi seseorang. Orang yang mengidap kolesterol bisa mebuat orang kena penyakit ganas yang mematikan. Kebanyakan orang hanya menganggapnya dari sisi jahat. Padahal kolesterol sebenarnya masih memiliki sisi baik. oleh karena itu anda sebaiknya jangan lansung menjudge bahwa kolesterol itu jahat. Anda harus mengenal atau mengetahui apa arti kolesterol dari sisi baiknya.

Kolesterol sebenarnya adalah zat lilin yang dihasilkan oleh lemak. Kolesterol memiliki sifat yang tidak larut dalam darah. Hal ini disebabkan kolesterol ditutupi oleh partikel yang disebut lipoprotein.

Kolesterol sangat mudah diproduksi oleh tubuh. Apabila seseorang sering mengkonsumsi bahan makanan yang memicu kolesterol dalam jumlah yang banyak maka tubuh juga akan semakin banyak memproduksi kolesterol. Beberapa bahan makanan pemicu kolesterol antar lain karbohidrat, protein dan lemak yang mengandung karbon.

Meski banyak dikenal dari sisi jahat, kolesterol sebenarnya juga memiliki sisi baik. tubuh sendiri membutuhkan kolesterol. Fungsi kolesterol dalam tubuh antara lain untuk membuat hormon seks, hormon seks pada pria dikenal dengan testosterone sedangkan pada wanita estrogen. Kolesterol juga bisa membantu melindungi lapisan luar sel untuk menghasilkan asam empedu. Asam ini sangat penting dalam proses pencernaan lemak yang ada di dalam usus.

Sebagain besar sel dalam tubuh juga menghasilkan kolesterol. Beberapa organ seperti hati, area organ vital baik itu testis ataupun ovarium juga menghasilkan kolesterol. Namun jumlah kolesterol dalam tubuh tetap harus dijaga. Tubuh tidak boleh memproduksi kolesterol lebih dari 200 mg/dl.

Jika jumlah kolesterol dalam tubuh lebih dari 200 mg/dl maka bisa sisi jahat dari kolesterol akan muncul. Kolesterol berlebih bisa mengundang berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, kardiovaskular dan masih banyak penyakit yang lain.

Oleh karena itu pola hidup yang sehat harus tetap dijaga setiap hari. biasakan rajin berolah raga untuk membakar lemak jahat dan kolesterol. Mengkonsumsi makanan yang sehat. Mengurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Dan lain sebagainya.

Leave a Reply