Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Penyebab Selalu Merasa Lapar

Penyebab Selalu Merasa Lapar

Baru sekitar beberapa menit atau jam makan makanan tapi lapar sudah mulai melanda kembali? Apakah hal ini juga pernah anda alami? Menurut James Greenblatt, M.D seorang psikiater dan penulis buku, ada beberapa penyebab mengapa anda selalu merasa lapar.

  1. Ukuran perur yang lebih besar

Setiap orang mempunyai bentuk tubuh yang mungkin berbeda dengan yang lain termasuk juga untuk organ yang ada di tubuhnya. Sebagai contoh ukuran lambung dan usus antara satu orang dengan orang yang lain bisa saja berbeda. Seseorang yang mempunyai perut dalam hal ini ukuran organ di dalamnya lebih besar dari pada yang lain maka dia akan lebih cepar merasa lapar.

  1. Kebanyakan tertawa

Di dalam tubuh ada hormon yang mengontrol nafsu makan. Hormon tersebut adalah hormon ghrelin. Hormon ini ternyata juga akan naik ketika orang sering tertawa. Hal ini diketahui dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti. Saat itu mereka melakukan pengujian kepada para responden. Selama penelitian, responden diberikan tayangan film komedi. Responden yang tertawa sepanjang menonton film ternyat hormon ghrelinya lebih tinggi daripada hormon leptin atau hormon yang memberikan sinyal ke otak ketika perut kenyang. Inilah mengapa orang yang kebanyakan tertawa akan lebih cepat merasa lapar.

  1. Asupan protein tidak terpenuhi

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk bisa menghasilkan energi yang digunakan untuk menggerakan tubuh. Protein adalah salah satu yang harus terpenuhi dalam setiap porsi makanan. Asupan protein yang kurang akan membuat anda selalu merasa lapar.

  1. Banyak mengkonsumsi gula

Gula bisa mengganggu sinyal nafsu makan. Oleh karena itu kebanyakan mengkonsumsi gula akan membuat anda selalu merasa lapar.

  1. Tidak pernah olah raga

Beberapa orang menganggap olahraga bisa membuat perut menjadi lapar. Padahal yang sebenarnya adalah dengan olahraga hormon ghrelin atau hormon yang mengontrol nafsu makan akan semakin turun.

  1. Stress

Pada sebagian orang, stress bisa menekan nafsu makan. Namun jika stress terus menerus berlanjut bagi sebagian orang malah membuat nafsu makan bertambah. Hal ini disebabkan hormon kortisol bisa memicu keinginan untuk mengkonsumsi gula. Inilah yang membuat anda selalu merasa lapar.

Leave a Reply