Home >> Hukum Kriminal >> Penyebab Orang Tua Menyiksa Anak Sendiri

Penyebab Orang Tua Menyiksa Anak Sendiri

Anak sejatinya adalah titipan dari tuhan yang harus harus disyukuri. Bentuk syukur yang bisa dilakukan adalaha dengan menjaga dan merawatnya dengan dengan baik orang tuanya. Memberikan kasih sayang dan memberikan hak – hak anak adalah kewajiban dari orang tua. Namun ada juga realita yang menyesakan dada dimana ada orang tua yang tega menyiksa anak sendiri seperti yang terjadi di Cibubur, Jakarta Timur. Ada orang tua yang tega menyiksa kelima anaknya sendiri.

Beberapa kasus kekerasan pada anaknya di negeri ini sering kali karena dimotori oleh faktor pendidikan dan ekonomi yang lemah dari orang tua. Namun apa yang terjadi di kompleks Perumahan Citra Grand Cibubur kedua faktor itu bukanlah pemicunya. Kedua orang tuanya malah merupakan dosen di salah satu universitas swasta. Dilihat dari segi ekonomi, keluarga tersebut juga bukan dari ekonomi lemah.

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan yang serius tentang apa penyebab orang tua menyiksa anaknya sendiri?

Kasus orang tua menyiksa anak sendiri bukan hanya melulu pada melukai fisiknya semata, tetapi ada pula yang tega menelantarkanya, memperkosanya bahkan sampai tega ada yang membunuhnya. Sekretaris Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Erlinda menuturkan penyebab bkekerasan pada anak termasuk melakukan penyiksaan adalah karena konsep berpikir orang tua yang salah. Orang tua yang merasa mempunyai kendala atas anaknya menganggap anak itu sebagai benda dan tidak memiliki hak.

Jadi menurut Sekjen KPAI ini, faktor ekonomi bukan saja yang bisa menjadi penyebab orang tua menyiksa anak tetapi ada faktor lain yang lebih dominan yakni kesalahan pemahaman orang tua dalam menerapkan pola asuh kepada anak dan juga gaya hidup dari orang tua itu sendiri.

Kasus yang terjadi di kompleks Perumahan Citra Grand Cibubur merupakan salah satu contoh kasus penyiksaan terhadap anak sendiri yang cukup menarik banyak perhatian masyarakat. Orang tua yang berprofesi sebagai dosen, memiliki pendidikan tinggi dan ekonomi mapan justru malah tega menyiksa lima anak mereka sendiri. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah kondisi rumah yang terlihat mewah dari luar namun tampak seperti kandang ayam di dalam. Di sana juga ditemukan beberapa obat – obatan terlarang.

Gaya hidup orang tua yang berada di bawah pengaruh narkoba di duga menjadi penyebab orang tua tersebut tega menyiksa anaknya sendiri.

Leave a Reply